Pengembangan Bisnis Air Minum Dalam Kemasan Melalui Kajian Sistematik Literatur Review dan Analisis Deskriptif
Keywords:
keberlanjutan bisnis, AMDK, Strategi Pemasaran, CSRAbstract
Bisnis Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) perlu dijalankan secara berkelanjutan untuk menjamin akses air bersih, menjaga kelestarian lingkungan, dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang stabil. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi keberlanjutan bisnis AMDK dengan Berfokus pada aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Penelitian ini membahas keberlanjutan bisnis melalui studi literatur sistematik dan analisis deskriptif terhadap pelaku usaha AMDK di wilayah karesidenan Madiun. Penelitian ini melibatkan 150 studi yang diperoleh dari tools Publish or Perish dan Google Scholar. Hasil metode prisma menunjukkan studi yang lolos dan layak dimasukkan sampai tahap akhir PRISMA terdiri 53,8% aspek ekonomi, 30,8% dari aspek sosial, dan 15,4% dari aspek lingkungan. Hasil studi menunjukkan bahwa strategi bisnis, sistem manajemen, literasi keuangan, kebijakan lingkungan, manajemen lingkungan, etika bisnis, dan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) menjadi faktor utama dalam mendukung keberlanjutan bisnis.penelitian ini menegaskan pentingnya strategi bisnis yang terintegrasi dan berkelanjutan untuk mempertahankan daya saing dan kontribusi jangka panjang industri AMDK. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam melakukan analisis keberlanjutan pada perusahaan AMDK. Penelitian ini untuk kedepannya perlu ada pembuatan pengembangan model strategi bisnis yang mengusung konsep keberlanjutan.References
Abdillah, J. H. (2024). Implementasi Etika Bisnis dan Dampaknya bagi Keberlanjutan Bisnis pada Perusahaan. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(5), 3639–3648.
Adila, A. N., & Albari. (2022). Pengaruh Program CSR, Kepercayaan Konsumen dan Persepsi Konsumen terhadap Perilaku Konsumen AQUA. Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 01(02), 261–275.
Albab, A. U., Salsabila, S. N., & Anshori, M. I. (2023). Sustainable Business Exelance. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(4), 113–130.
Amanda, A. T., & Rialdy, N. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Implementasi Standar Akuntansi Keuangan untuk Entitas Mikro, Kecil dan Menengah serta Dampaknya terhadap Keberlanjutan Usaha pada UMKM Kota Dumai. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 1812–1829.
Arsana, I. G. N. K., Yekti, M. I., & Astiti, S. P. C. (2024). Keberlanjutan Pengelolaan Penyediaan Air Minum Perdesaan dan Implikasinya terhadap Ketahanan Lingkungan Wilayah ( Studi di Kabupaten Buleleng , Provinsi Bali ). Jurnal Ketahanan Sosial, 30(1), 66–85.
Aulia, D. D. (2025). Asparminas Optimistis Industri AMDK Bisa Tumbuh 10% di 2025. Detik.Com. https://finance.detik.com/industri/d-7723133/asparminas-optimistis-industri-amdk-bisa-tumbuh-10-di-2025
Aulia, R., & Dewi, S. (2024). Peran Usaha Air Minum Isi Ulang dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Kota Padang Panjang ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 3(4), 208–221.
Basuki, N. (2023). Artikel Mengoptimalkan Modal Manusia : Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia yang Efektif untuk Pertumbuhan Organisasi yang Berkelanjutan. Jurnal Ilmiah Manajemen, 4(2), 182–192.
BPS Jatim. (2025). Pertumbuhan Ekonomi Jawa Timur Triwulan IV-2024. In BPS Jatim.
Bukran, & Ramdani, R. (2024). Pengaruh Kebijakan Ekonomi Hijau Terhadap Inovasi Bisnis Berkelanjutan di Sektor Manufaktur. Economist : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(3), 35–42.
Damas, D., Maghviroh, R. EL, & Meidiyah, M. (2021). Pengaruh Eco-Efficiency, Green Inovation dan Carbon Emission Disclosure terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Lingkungan sebagai Moderasi. Jurnal Magister Akuntansi Trisakti, 8(2), 85–108. https://doi.org/10.25105/jmat.v8i2.9742
Farizal, A., & Fitralisma, G. (2021). Analisis Bauran Pemasaran (Marketing Mix) pada Telor Asin UD. Ratu Sari. Journal of Economic and Management (JECMA), 2(1), 10–18.
Fitri, & Halik, R. A. F. (2023). Peran Digital Marketing dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Bisnis yang Berkelanjutan pada Usaha Mikro dan Kecil Agribisnis di Polewali Mandar. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 12(3), 556–563.
Haidir, M., Farkha, F., & Mulhayatiah, D. (2021). Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video pada Pembelajaran Fisika. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro, 9(1), 81–89.
Herlambang, B., Kusuma, Y. A., & Khoiri, H. A. (2024). Analisis Deskriptif terhadap Strategi Peningkatan Bisnis Peternakan Ayam Petelur. TALENTA Conference Series: Energy and Engineering R, 7(1), 383–388.
Istinasari, C., Ngago, E. G., & Aprillianti, D. (2021). Penerapan Laporan Keuangan Berbasis SAK EMKM sebagai Sistem Pengembangan Kinerja Keuangan (Studi Kasus UMKM Fedcacare). Media Mahardhika, 19(3), 599–607.
Izzah, A. (2024). Strategi Pemasaran Air Minum dalam Kemasan pada Agen PT. Izauranet Berkah Mandiri. Journal of Management and Creative Business (JMCBUS), 2(2), 61–82.
Komarudin, M. F. (2024). Implementasi Sistem Akuntansi Manajemen Lingkungan untuk Keberlanjutan Bisnis pada Perusahaan Manufaktur di Kabupaten Serang. Jurnal Akuntansi Dsan Bisnis Indoensia, 5(1), 1–12.
Kusuma, Y. A. (2024). Framework Pengembangan Konsep Corporate Farming untuk Meningkatkan Produktivitas Tebu di Wilayah Kabupaten Madiun. Indonesian Sugar Research Journal, 4(2), 56–67.
Luqmania, D., Sunani, A., Septiani, A., Dwi Riyanto, F. A., Santoso, M. B., & Raharjo, S. T. (2022). MAS KLIMIS (Masyarakat Peduli Iklim yang Harmonis) Kendaraan PT PJB UP Gresik dalam Mewujudkan Tujuan Sustainable Development Goals (SDGs). Share : Social Work Journal, 12(1), 45.
Maharani Pristi, K., & Bandiyono, A. (2024). Tren dan Pola dalam Adopsi Standar Pelaporan Global Reporting Initiative (GRI) Oleh Perusahaan BUMN di Indonesia : Scoping Review. Indonesian Accounting Research Journal, 4(3), 305–318.
Maulana, M. I., & Suyono, E. (2023). Pengaruh Litersi Keuangan dan Literasi Digital terhadap Keberlanjutan Bisnis Pelaku UMKM Berbasis Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(3), 4256–4271.
Meliyanti, D. putri, & Gunawan, A. (2020). Strategi Pengelolaan SDM dalam Peningkatan Kinerja Perusahaan Berkelanjutan di Era Industri 4.0. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital, 2(1), 390–395.
Nala, A. A., Harianto, H., & Nurhayati, P. (2023). Integration of Triple Bottom Line In Supplier Selection Process (Case Study at Indonesia Bottled Water Company). Business Review and Case Studies, 4(3), 290–302.
Nugraheni, A., & Toni, A. (2022). Peran Public Relation Dalam CSR “Program Wash” Pt Aqua Danone Indonesia. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(1), 106–120.
Raia, A. A., Damis, H., Taufan, R. R., & Bahari, A. F. (2022). Bauran Pemasaran terhadap Peningkatan Volume Penjualan Air Minum Kemasan. Center of Economic Students Journal, 5(3), 280–290.
Rumini, D. A., & Martadian, A. A. M. (2020). Peran Literasi Keuangan sebagai Prediktor Kinerja dan Keberlanjutan UMKM di Kabupaten Badung. Inventory: Jurnal Akuntansi, 4(1), 53–62.
Safitri, L. A., & Dewa, C. B. (2021). Analisa Kebijakan Pemberlakuan PPKM pada Masa Pandemi Covid 19 terhadap Industri Skala Kecil dan Menengah Makanan dan Minuman. Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 23(2), 97–107.
Sari, S. (2024). Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Usaha di UMKM Kota Depok. Jurnal Agribisnis Indonesia, 12(1), 151–162.
Simangunsong, S. R. (2024). Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia dan Inflasi terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kota Surabaya pada tahun 2014-2018. Senashtek 2024, 383–389.
Solikhah, I. (2022). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Profitabilitas dan Manajemen Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2015-2017). Jurnal Akuntansi Unesa, 10(2), 1–13.
Sukmawati, W., Machfud, Suparno, O., & Hermawan, A. (2020). Keberlanjutan Rantai Pasok Industri Kecil dan Menengah (IKM) Alas Kaki di Kabupaten dan Kota Bogor. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 30(1), 43–52.
Waliyanti, N. I., Jusni, & Diansari, P. (2022). Analisis Keberlanjutan Usaha Sayuran Hidroponik pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Makassar ( Studi Kasus di Green Top Farm ). Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 8(2), 1298–1307.
Yolanda, F. (2025). Tahun 2025, Asparminas Optimistis Industri AMDK Tumbuh 10 Persen. Republika.Co.Id. https://ekonomi.republika.co.id/berita/sprd96370/tahun-2025-asparminas-optimistis-industri-amdk-tumbuh-10-persen
Yunarti, N. (2021). Analisa Kesulitan dalam Pembelajaran IPA pada Siswa SMP Negeri 1 Rambang. Educatio, 7(4), 1745–1749.