Analisa Penambahan Variasi Bahan Carburizing Pada Proses Pack Carburizing Baja EN 39 Untuk Pemakaian Cam Shaft

Authors

  • Thomas Djunaedi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Bambang Setiawan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Velia Ayu Rizkyta Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Keywords:

Camsfaft, Carurizing, Batok kelapa, Aotomotive, Holding

Abstract

Carburizing merupakan proses perlakuan panas pada permukaan benda kerja dengan memanfaatkan karbon sebagai unsur pengerasan. Prinsip kerja perlakuan proses  jenis ini adalah meletakkan karbon disekitar benda kerja pada saat dipanaskan, sehingga karbon akan berdifusi dengan permukaan benda kerja. Hasil yang diperoleh adalah benda kerja dengan permukaan yang keras akan tetapi bagian inti tetap ulet.Bahan yang biasanya digunakan untuk benda – benda yang mendapat perlakuan carburizing adalah baja dengan kadar kurang  2%..logam yang banyak diaplikasikan pada komponen automotive , seperti oda gigi , Camshaft dan Flywheel . Pada proses Carburizing diperlukan bahan yang mempunyai karbon rendah dengan temperature heating dan holding yang sesuai dengan material tersebut . Efek holding , dirasakan sangat berperan akktif dalam menentukan kekerasan dari komponen automotive. Pada penelitian ini ingin mengetahui sampai seberapa besar pengaruh Holding time terhadap prosses carburizing untuk baja EN 39 yang diaplkasikan untuk komponen Cam Sfatt. Variasi Holding Time yang akan dilakukan dari penelitian ini yaitu pada 80 menit , 120 menit , 160 menit dan 220 menit . Specimen dilakukan pada temperature 950 oC, Media pack Carburizing menggunakan arang batok kelapa dengan media quenching menggunakan oli SAE 40 . Tahap selanjutnya dilakukan uji kekerasan pada Cam sfaft yang terbuat dari baja EN 39. Dari pengujuan beberapa variable, tertinggi mempunyai nilai  47 HRC

References

Adipura, A., & Nafi, M. 2022. Analisa Pengaruh Heat Treatment Temperring Dengan Variasi Waktu Tahan dan Media Pendingin Terhadap Sifat Mekanik Baja Karbon Rendah. Prosiding Senakama, 1(September), 203–212.

Apriatun, Taufikurrahman, dan Sundari, E. 2021. “Analisa Pengaruh Variasi Waktu Penahanan Pada Proses Pack Carburizing Terhadap Kekerasan Baja Karbon Rendah ST 37”. Program Studi Teknik Mesin Produksi dan Perawatan, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Srwijaya. Machinery Jurnal Teknologi Terapan Vol.2 No.1 Februari 2021, ISSN: 2723-3359

Budhi Susetyo, F., Basori, I., & Maryanto, D. , 2020 , Pengaruh Direct Dan inDirect Quenching Dengan Media Air Terhadap Kekerasan Hasil Hardfacing Baja Karbon. Jurnal ASIIMETRIK: Jurnal Ilmiah Rekayasa & Inovasi, 2(2), 125–131.

Bahri, S. ,2020. Pengujian-Kekerasan-Metode-Vickers. Pengujian Kekerasan Metode Vickers.

Pratama, D.Y. 2020. “Peningkatan Kekerasan Pisau Sadap Karet Produk Pandai Besi Dengan Proses Hardening dan Quenching (Variasi Temperatur dan Media Pendingin)”. Laporan Akhir Jurusan Teknik Mesin Program Studi DIV Teknik Mesin Produksi dan

Perawatan Politeknik Negeri Sriwijaya. Palembang Sumatera Selatan.

Downloads

Published

2025-07-09

Issue

Section

Articles