ANALISA KARAKTERISTIK MINYAK PELUMAS JENIS 15W-40 PRODUK DALAM NEGERI MENGGUNAKAN TRIBOMETER PIN-ON-RING

Authors

  • Muhammad Khafidh
  • Jamari Jamari

Abstract

Kemampuan  mesin  dalam mempertahankan  performa terhadap  penggunaan  berulang  merupakansalah satu hal penting dalam perancangan permesinan. Gesekan antar komponen mesin yang salingkontak  menjadi  fenomena  yang  sering  menyebabkan  penurunan  performa  dari  mesin.  Hal  itudisebabkan oleh terjadinya aus pada komponen yang saling kontak tersebut. Salah satu cara yangefektif  untuk  mengurangi  keausan  komponen  adalah  dengan  memberikan  pelumas.  Minyakpelumas mempunyai karakteristik yang berbeda-beda disesuaikan dengan penggunaan dan kondisilingkungannya. Kurva Stribeck merupakan kurva  hubungan  antara  koefisien  gesekan  danlubrication  number yang dapat digunakan  untuk  mengetahui  karakteristik  dari  minyak  pelumas.Pelumas jenis 15W-40 merupakan salah satu jenis pelumas yang cocok digunakan di iklim tropisseperti di  Indonesia. Penelitian  ini  akan  difokuskan  pada  analisa  kurva  Stribeck  pelumas  jenis15W-40  produk  dalam  negeri  menggunakan  tribometer pin-on-ring. Pengujian  dilakukan  darikecepatan  2-250  rpm  dengan  temperatur  dikondisikan  40oC,  beban  yang  diberikan  100  N,  danviskositas yang digunakan 0,09924 Pa.s. Penelitian dilakukan selama kondisi running-in, yaitu darikondisi  awal  sampai  kondisi  tunak  (steady  state).  Hasil  yang  diperoleh  menunjukkan  bahwakondisi running-in terjadi  sampai pada  pengujian  keenam.  Semakin  besar  kecepatan  yangdiberikan,  maka  koefisien  gesek  yang  dihasilkan  semakin  kecil. Regime yang  terbentuk  dalamkurva Stribeck pada penelitian ini adalah boundary lubrication dan mixed lubrication.

References

Saputra, E. 2012. Pemodelan Running-in

pada Permukaan Kasar Akibat Kontak

Rolling-Sliding menggunakan Metode

Elemen Hingga. Tesis. Fakultas Teknik

Universitas Diponegoro, Semarang.

Stachowiak, G.W. danBatchelor

A.W.2005. Engineering Tribology. Edisi 3.

Butterworth Heinemann. Oxford-United

Kingdom.

Ludema, K.C. 1996. Friction, Wear,

Lubrication. Edisi 1. CRC Press. New

York-USA.

Schipper, D.J. 1988.Transitions in the

Lubrication of Concentrated Contacts.

Disertasi. University of Twente, Enschede,

The Netherland.

Ismail, R. 2013. Running-in of Rollingsliding Contacts. Disertasi. University

of Twente, Enschede, The Netherland.

Jamari, J. 2006.Running-in of Rolling

Contacts,Disertasi. University of

Twente, Enschede, The Netherland.

Downloads

Published

2014-11-12

Issue

Section

Articles