IDENTIFIKASI PENYESUAIAN MINOR MESIN PENGGUNAAN BAHAN BAKAR ETANOL-PREMIUM KADAR RENDAH PADA SPARK IGNITION (SI) ENGINE

Budi Waluyo, Saifudin Saifudin

Abstract


Start  awal  yang  sulit  dan  menurunya  performansi  mesin  pada  penggunaan  etanol-premium
dikarenakan perubahan Reid Vapor Pressure (RVP) bahan bakar dan kandungan energi yang lebih
rendah dibandingkan dengan penggunaan premium murni. Kegiatan penelitian ini bertujuan untuk
mengidentifikasi  karakter    penggunaan  campuran  etanol-premium  kadar  rendah  pada  SI  engine.
Mode pengujian Injection flow Test selama 15 second dipilih untuk mengetahui bentuk semprotan
bahan  bakar  dan  perubahan  volume  injeksinya  pada  berbagai  konsisi  campuran  dan  tekanan
kerjanya. Campuran  etanol-premium  yang  menjadi  objek  penelitian  adalah  5%,  10%,  15%  dan
20%.  Tekanan  kerja  dibawah  standar,  standar  dan  diatas  standar  diset  untuk  menentukan
kecenderungan  arah  penyesuaian  tekanan  kerja  yang  dibutuhkan  dalam  penggunaan  campuran
etanol-premium  kadar  rendah  pada  SI  engine.  Temperatur  awal  mesin  diset  pada  25
o
C,  35
o
C,
dan45
o
Cuntukmengetahui penyesuaian temperatur yang dilakukan supaya start awal penggunaan
campuran etanol-premium dilakukan dengan mudah.  Uji performansi engine dengan menggunakan
Engine  Test  Bench dilakukan  untuk  mengetahui  perubahan  torsi  dan  daya  pada  penggunaan
campuran  etanol-premium  kadar  rendah.  Dari  hasil  penelitian  menunjukan  bahwa  bahwa
penambahan kadar etanol pada premium akan berkorelasi positif terhadap konsumsi bahan bakar.
Start  awal menghidupkan  mesin  pada penggunaan  campuran  etanol-premium  kurang  dari  10  %
tidak  menunjukan  gejala  kesulitan  start  awal.  Penggunaan  campuran  15  %  kesulitan  start  awal
sampai pada temperatur engine 25
o
C, dan penggunaan campuran 20% kesulitan start awal sampai
temperatur  30
o
C.  Hasil  pengujian  performansi  menunjukan  bahwa,  performa  mesin  penggunaan
campuran  etanol  premium  kadar  rendah,  cenderung  mengalami  penurunan  khususnya  pada
campuran etanol 10 %, akan tetapi performa mesin cenderung naik sejalan dengan meningkatnya
kadar etanol.

Full Text:

PDF

References


.NewsletterIndonesian Comercial. 2008.

Perkembangan Industri Biofel di Indonesia.

http://www.datacon.co.id/Biofuel2008Ind.html.

Daiakses, 13 Nopember 21013.

. Setiyawan, Atok. 2012.Kajian

Eksperimental Pengaruh Etanol pada Premium

Terhadap Karakteristik Pembakaran Kondisi

Atmosferik dan Bertekanan di Motor Silinder

Tunggal Injeksi.Disertasi. Universitas

Indonesia, Jakarta.

. James W. Weaver, Sheldon A. Skaggs,

David L. Spidle, Guthrie C. Stone.2009.

Composition and Behavior of Fuel Ethanol.

United States Enviromental Protection Agency.

. Egebäck, Prof. Roger Westerholm &

Prof. Karl-Erik, 2005.Blending Of Ethanol In

Gasoline For Spark Ignition Engine,

Thesis. Stockholm University, Stockholm.

. Irsyat, Cristina N.N. Ria Lestari dan

Mok.h., 2010 www.ftsl.itb.ac.id. [Online]

[Cited: November 13, 2013.]

. Rong-Horng Chen, et.al.2011. Cold-start

Emissions of an SI Engine Using EthanolGasoline Blended Fuel.Elsevier, pp. 1463-1467.

. B. Waluyo, Saifudin.2012.Optimasi

Setingan Mesin Pada Penggunaan Gasohol E15

Dengan Metode Taguchi Untuk Mendapatkan

Emisi HC dan CO Yang Rendah. Seminar

Nasional Teknik Mesin 7. UK Petra. 21 Juni

, Surabaya, Indonesia Hal. O15 - O20.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ