ANALISA DESAIN TABUNG BAHAN BAKAR GAS JENIS COMPRESSED NATURAL GAS (CNG) PADA MOBIL BUS TEKANAN 200 BAR
Abstract
Tabung Bahan Bakar Gas (BBG) jenis Compressed Natural Gas (CNG) yang digunakan padamobil bus, merupakan jenis bejana tekan. Tekanan pada tabung ini berasal dari isi atau fungsitabung sebagai tempat penyimpanan fluida gas yang bertekanan. Tujuan analisa ini diantaranyauntuk mengetahui karakteristik desain tabung, menghitung kekuatan material bahan menggunakanrumus formula serta mengetahui fenomena yang tejadi pada penggunaan material terhadappengaruh desain tabung BBG menggunakan simulasi software CAD dalam Solidworks. Padapenelitian ini, dilakukan analisa perbandingan kekuatan material tabung BBG menggunakanmaterial standar yakni 30 CrMo dengan material pembanding AISI 4130 dan SG 295. Darikeseluruhan hasil perhitungan dan analisa didapatkan bahwa material yang digunakan pada tabungBBG jenis CNG yakni 30 CrMo merupakan jenis baja paduan (Alloy Steel), memiliki Factor OfSafety yang baik, aman digunakan bahkan pada tekanan 300 bar.References
Aulia Firmansyah, Totok Yulianto, 2013,
“Analisa Kekuatan Tangki CNG Ditinjau
Dengan Material Logam Lapis Komposit
Pada Kapal Pengangkut Compressed
Natural Gas.Jurnal Teknik Pomits” .Vol.
No. 1,16 November 2013.
Buthode, P., Magyesy F. E, 1997, “Pressure
Vessel Handbook 10 th Edition”, United
States of America , 9 Februari 2014
Djoeli Satrijo, Syarief Afif Habsya, 2012,
“Perancangan dan Analisa
Tegangan Pada Bejana Tekan Horizontal
dengan Metode Elemen Hingga”. Rotasi,
Vol. 14 , No. 23, 17 November 2013.
Rendra Yogi Januar H,. 2009. “Analisa
Pembakaran Pada Dual Fuel Diesel
Engine Berbahan Bakar Utama
Compresed Natural Gas (CNG) dengan
Metode Pemodelan”. Tugas akhir ITS, 5
Januari 2014.
Rosli A. Bakar, Mohamad F. Othman, Semin,
Abdul R. Ismail, “The Compressed
Natural Gas (CNG) Cylinder Pressure Storage Technology in Natural Gas
Vehicles (NGV) Research Trends”, Jurnal
Universitas Malaysia Pahang, 30
Desember 2013.
Sitorus, Burhanuddin Tulus, 2002, “Tinjauan
Pengembangan Bahan Bakar Gas Sebagai
Bahan Bakar Alternatif. USU digital
library”, mesin-tulus2.pdf, 30 Desember
Sitorus, Burhanuddin Tulus., Hariyanto, Arief
Hariyanto, Kentardjo, Rachmat dan
Wiranto Arismunandar, 2002, “Simulasi
Regulator Tekanan Untuk Kendaraan
Berbahan Bakar Gas dengan Program
Fire”. Jurnal Teknik Mesin, Vol. 4,
No.2,17 November 2013.
Tomi Santoso, Soeweify. “Desain Tangki dan
Tinjauan Kekuatannya Pada Kapal
Pengangkut Compressed Natural Gas
(CNG)”. Jurnal ITS, 3 Januari 2014.
Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (BP4T),
Kementerian Perindustrian dan
LEMIGAS, 2012.