ANALISIS PENGGUNAAN INBOUND MARKETING DI UMKM FASHION KELURAHAN PENGGILINGAN

Retnani Latifah, Rully Mujiastuti, Hendra Hendra

Abstract


Inbound marketing merupakan teknik marketing yang berfokus pada bagaimana menarik pelanggan dengan memanfaatkan content marketing, blogs, search engine optimization, social media marketing dan branding. Dari hasil kuesioner terhadap 38 pelaku UMKM fashion di Kelurahan Penggilingan, diketahui bahwa baru sebanyak 47.4% pelaku UMKM yang sudah menggunakan teknologi dalam pemasaran dan baru 39.5% yang memanfaatkan inbound marketing berupa website, blog dan/atau media sosial untuk pemasaran. Meski demikian, dari hasil penelitian, terlihat bahwa ada keterhubungan yang sangat kuat antara penggunaan inbound marketing dengan penambahan jumlah konsumen. Nilai korelasi yang dihitung menggunakan Pearson Correlation menunjukkan angka sebesar 0.942, yang berarti bahwa terdapat korelasi yang sangat kuat diantara keduanya. Pelaku UMKM fashion Kelurahan Penggilingan yang sudah menggunakan website, blog dan/atau media sosial untuk pemasaran telah mengalami peningkatan jumlah konsumen yang menunjukkan bahwa konten yang dibuat di website, blog dan/atau media sosial dapat menarik konsumen baru. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa inbound marketing merupakan hal yang cukup penting untuk meningkatkan penjualan, terutama bagi pelaku UMKM fashion Kelurahan Penggilingan yang telah memanfaatkannya.

Full Text:

PDF

References


Basu, D. (2011). Inbound marketing: The customer finds you. Retrieved from The Globe and Mail: https://www.theglobeandmail.com/report-on-business/small-business/sb-marketing/inbound-marketing-the-customer-finds-you/article4258852/

Cahyaningsih, E., Sensuse, D. I., Wibowo, W. C., Latifah, R., & Sari, W. P. (2016). NUSANTARA : A New Design of Knowledge Management System in Indonesia. International Conference on Information Technology System and Innovation (ICITSI). Bandung.

Hardum, S. E. (2018). Mayoritas UMKM Belum Dapatkan Manfaat dari Teknologi Digital. Retrieved from Berita Satu: http://www.beritasatu.com/ekonomi/500255-mayoritas-umkm-belum-dapatkan-manfaat-dari-teknologi-digital.html

Inbound Marketing. (2018). Retrieved from Hubspot: https://www.hubspot.com/inbound-marketing

Opreana, A., & Vinerean, S. (2015). A New Development in Online Marketing: Introducing Digital Inbound Marketing. Expert Journal of Marketing, 29-34.

Purwantini, A. H., & Anisa, F. (2018). Analisis Pemanfaatan Social Commerce Bagi UMKM : Anteseden dan Konsekuen. KOMPARTEMEN : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 47-63.

Suara Pembaruan. (2018). Kemkop dan UKM Ajak KSPPS BTM Berdayakan Ekonomi Masyarakat. Retrieved from Suara Pembaruan: http://sp.beritasatu.com/home/kemkop-dan-ukm-ajak-kspps-btm-berdayakan-ekonomi-masyarakat/124006


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ