PENERAPAN KONSEP KAIZEN DALAM UPAYA MENURUNKAN CACAT APPEARANCE UNIT XENIA-AVANZA PROSES PAINTING DI PT. ASTRA DAIHATSU MOTOR
Abstract
PT. Astra Daihatsu Motor merupakan salah satu perusahaan manufaktur yangmemproduksi kendaraan Xenia dan Avanza. Dalam melakukan proses perakitan dan prosespembuatan unit kendaraan, PT. Astra Daihatsu Motor sangat memperhatikan kualitas dariproduk yang dihasilkan. Adapun kendala yang masih dihadapi di PT. Astra Daihatsu Motoryaitu masih tingginya cacat appearance pada proses painting, yakni sebesar 0.18 DPU (Defectper unit), dengan cacat dominan yaitu vlex akar sebesar 0.1125 DPU (Defect per unit), sehinggamasalah tersebut dapat menurunkan tingkat produktivitas.Oleh karena itu, diperlukan suatu cara yang dapat mengurangi tingginya jumlahkecacatan agar target DPU (Defect per unit) 0.02 yang ditetapkan perusahaan dapat tercapai.Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengidentifikasi dan menganalisa faktor penyebabkecacatan dengan penerapan konsep kaizen dengan tahapan PDCA (Plan – Do – Check – Action),yang terlebih dahulu dilakukan pemilihan jenis kecacatan yang paling dominan dengan diagrampareto, kemudian dilakukan pengidentifikasian faktor dan akar penyebab kecacatan dengandiagram sebab akibat, dan tahapan 5W 1H yang akan memudahkan penelitian dalam menemukanpermasalahan yang terjadi dan menemukan solusi perbaikannya. Proses pengolahan data dalampemecahan masalah dengan metode PDCA akan lebih mudah dilakukan dengan adanya dukunganQC 7 Tools.Hasil evaluasi dari implementasi konsep Kaizen ini adalah menurunnya cacat appearanceproses painting dari 0.18 DPU (Defect per unit) menjadi 0.02, serta menurunnya cacat dominanyaitu vlex akar dari 0.1125 DPU (Defect per unit) menjadi 0 dan terjadi peningkatan kapabilitasproses sebesar 16 % setelah dilakukan perawatan alat proses serta pembuatan StandartOperational Procedures (SOP) dan check sheet terkait dengan perbaikan metode kerja.References
Ariani, Dorothea Wahyu. 2005.
Pengendalian Kualitas Statistik
:Pendekatan Kuantitatif dalam
Manajemen Kualitas. Yogyakarta :
Andi Offset.
Assauri, Sofyan, 1998. Manajemen
Produksidan Operasi. Jakarta :
Fakultas Ekonomi Universitas
Indonesia.
Dorothea Wahyu Ariani, Manajemen
Kualitas, Universitas Atma Jaya
Yogyakarta, 1999.
Feigenbaum, A. V. Kendali Mutu Terpadu,
Edisi Ketiga, Terjemahan Hudaya
Kandahjaya, Erlangga, Jakarta, 1992.
Gasperz, Vincent. 2005. Total Quality
Management. Jakarta : Gramedia
Pustaka Utama.
Hari Purnomo, Pengantar Teknik Industri,
Edisi Kedua – Yogyakarta, Penerbit
Graha Ilmu, 2004.
Imai, Masaaki, Genba Kaizen : Pendekatan
Akal Sehat, Berbiaya Rendah Pada
Manajemen, Penerjemah : Kristianto
Jahja – Jakarta: Pustaka Binaman
Pressindo, 1998.
IrfanBahtiar, Total Quality Management, PT.
Astra Daihatsu Motor, Disadur dari :
Training IDQC Yokohama, 19
Oktober – 1 November 2011.
Nasution, M. N. 2005. Total Quality
Management. Bogor : Ghalia
Indonesia.
Pande, Peter S., Robert P. Neuman and
Roland R. Cavanagh. 2000. The Six
Sigma Way. Terjemahan : Dwi
Prabantini. Yogyakarta : Andi.
Prawirosentono, Suyadi. 2007. Manajemen
Operasi Analisis dan Studi Kasus,
Edisi Keempat. Jakarta : Bumi
Aksara.
PT. Astra Daihatsu Motor, Fosters QCC
Culture For Expanding Capacity &
Capability, Convention Book 2012.
Slamet Yuliadi, DELTA (Delapan Langkah
Untuk Pemecahan Masalah
Perbaikan), Komite QCSS Astra
Daihatsu Motor.
Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2001.
Total Quality Management, Edisi
Revisi. Yogyakarta : Penerbit Andi
Yogyakarta.
https://elqorni.wordpress.com/category/man
ajemen-kualitas/manajemen-kaizen/