ANTENA OMNIDIRECTIONAL ULTRA WIDE BAND (UWB) UNTUK APLIKASI ELECTRONIC SUPPORT MEASURE (ESM)

Amalina Muthiah, Bambang Setia Nugroho, Yuyu Wahyu

Abstract


Saat ini, semakin banyak negara di dunia yang menyadari keunggulan dari peperangan elektronika (Electronics Warfare=EW) dan kebutuhannya bagi suatu negara, termasuk juga Indonesia. Salah satu aplikasi teknologi yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah sistem radar yang memiliki kemampuan untuk mendeteksi dan mengatur pancaran gelombang elektromagnetik di sekitarnya.Pada penelitian ini, telah dirancang dan direalisasikan antena untuk sistem radar pasif pada teknologi ESM (Electronic Support Measure). Antena ini memiliki prinsip kerja sebagai penerima (receiver) saja. Pada teknologi ini, diperlukan antena yang bekerja pada frekuensi tinggi dan bandwidth yang sangat lebar, memiliki gain yang tepat serta pola pancar yang sesuai. Antena yang dirancang pada penelitian ini memiliki dua bagian, yaitu bagian atas yang merupakan semi-circular ring antenna dan bagian bawah yang merupakan linearized cone antenna. Antena ini memiliki karakteristik Ultra Wide Band (UWB) dan memiliki pola radiasi ke segala arah (omnidirectional). Yang mana karakteristik diatas sesuai dengan kebutuhan antena untuk teknologi ESM. Hasil pengukuran adalah antena memiliki VSWR ≤ 2 pada frekuensi 6-12 GHz dengan gain sebesar 1.19 dBi pada frekuensi 6 GHz dan 1.97 dBi pada frekuensi 9 GHz serta memiliki pola radiasi omnidirectional.

Full Text:

PDF

References


F. R. a. Regulation, UWB First Report and Order, Washington DC, USA: FCC, 2002.

H. H. Chotimah, "Rancangan dan Realisasi Antena Horn Conical Pada Frekuensi KU-Band 12-18 GHz untuk Electronic Support Measure," in Universitas Telkom, Bandung, 2015.

H. Sulistiyo, "Antena Susunan Log Periodik Dipole Cetak untuk ESM S-Band," in Universitas Telkom, Bandung, 2017.

K. Raplin, M. Komsak, S. Nipapon and K. Sompol, "Design Compact Biconical Antenna for UWB Applications," in International Symposium on Intellegent Signal Processing dan Communication System (ISPACS), 2011.

M. Wahab, D. Rudiyat, A. Santiko and N. Susanti, "Research and Development of RF Head and Baseband Processing of Electronic Support Measure (ESM)," in ICRAMET, Surabaya, 2013.

N. Lirong, W. Yingbing, M. Yan and L. Rong, "A Novel Ultra-Wide Band Omnidirectional Antenna with Lightweight Design," in IEEE, 2015.

T. PPET-LIPI, Penelitian dan Pengembangan RF Head dan Baseband Processing Electronic Support Measure (ESM), Bandung: LIPI, 2012.

V. Sipal, B. Allen, D. Edwards and B. Honary, "Twenty Years of Ultra Wide Band : Opportunities and Challeges," IET Communications, vol. 6, no. 10, pp. 1147-1162, Jul. 2012.

Y. P. Saputera, F. Oktafiani and Y. Wahyu, "Antena Bikonikal Tabung untuk Aplikasi Radar Electronic Support Measures dengan Pola Radiasi Omni- Directional pada Frekuensi 2-18 GHz," Elektronika dan Telekomunikasi, vol. 13, no. 1, 2013.

Y. Saputera, Y. Wahyu and M. Wahab, "Spiral Antenna for Elecronic Support Measures (ESM) application 2-18 GHz," in ICRAMET, Surabaya, 2013.

Zhi Ning Chen, "UWB Antennas Design and Application Information," in Communications & Signal Processing, 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ