PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ANIMASI INTERAKTIF 2D BERBASIS ANDROID PADA MATAKULIAH FISIKA DASAR I MATERI FLUIDA

Devi Sukrisna, Didi Jubaedi

Abstract


Universitas Majalengka merupakan Universitas terdepan di wilayah III Cirebon dan saat ini sedang berkembang dan terus meningkatkan kualitasnya baik dalam hal kualitas lulusan, belajar mengajar, sistem administrasi, sarana, prasarana dan lain-lain. Proses perkuliahan pada matakuliah Fisika Dasar di Fakultas Teknik Universitas Majalengka masih menggunakan metode pembelajaran secara konvensional. Akibatnya Mahasiswa dijejali teori tanpa praktek pada materi Fluida. Di Laboratorium Fisika Fakultas Teknik Universitas Majalengka belum ada alat praktikum yang bisa digunakan pada matakuliah Fisika Dasar I materi Fluida. Dalam perkembangannya Univeristas Majalengka terus mengembangkan dan memperbaharui sistem-sistem yang mampu menunjang proses perkuliahan Universitas Majalengka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar animasi interaktif 2 dimensi berbasis Android pada matakuliah Fisika Dasar I materi Fluida, sebagai media komunikasi dan guna meningkatkan tingkat penguasaan materi mahasiswa, dengan mengkaji pemanfaatan bahan ajar dengan animasi interaktif dalam proses pembelajaran kooperatif sebagai sebuah sistem teknologi terpadu dalam proses perkuliahan. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Pengujian dari penelitian ini menggunakan metode angket kepada 10 orang mahasiswa sebagai sampel untuk mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap Aplikasi yang dibuat. Dengan hasil sebesar 82,5% mahasiswa menyatakan tertarik melakukan pembelajaran menggunakan Aplikasi Bahan Ajar Fluida, 85% mahasiswa menyatakan setuju bahwa tampilan gambar dan animasi menarik, dan sebesar 75% mahasiswa termotivasi untuk belajar menggunakan dengan bantuan aplikasi Bahan Ajar Fluida.

Full Text:

PDF

References


Annisa, L. 2015. Sistem Keamanan Rumah Menggunakan Glass Break Detector Berbasis Android. Sekolah Tinggi Teknologi Telematika Telkom Purwokerto.

Ariesto Hadi, Sutopo. 2003. Multimedia Interaktif dan Flash. Yogyakarta: PT Graha Ilmu.

Asyari, Muslichah. 2006. Penerapan Sain Teknologi Masyarakat Dalam Pembelajaran Sain di SD. Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat FKetenagaan.

Binanto, Iwan. 2009. Metode Pengembangan Perangkat Lunak Multimedia versi Luther-Sutopo. https://iwanbinanto.wordpress.com/2009/01/19/metode-pengembangan-multimedia/ (diakses tanggal 15 November 2017).

Ramdani, Ilyas. 2014. Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Memfasilitasi Pencapaian Literasi Matematika Siswa Kelas VII. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sund dan Trowbridge. 1973, Teaching Science by Inquiry in The Secondary School. Ohio: Colombus.

Widodo, Chomsin S. dan Jasmadi. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Kompetindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ