ZONASI LUAS SUMBER DAYA PERMUKAAN PULAU UNTUNG JAWA MELALUI CITRA GOOGLE EARTH MENGGUNAKAN METODE LINEAR VECTOR QUANTIZATION

Priadhana Edi Kresnha, Eka Budhy Prasetya, Emi Susilowati

Abstract


Pantai merupakan wisata unggulan pada negara maritim berbentuk kepulauan seperti Indonesia. Setiap pulau, terutama pulau-pulau kecil yang bisa dihuni, memiliki ciri khas dan karakteristik sendiri yang menjadi daya tarik wisata untuk mengunjungi pulau tersebut. Luas wilayah yang terbatas yang memungkinkan wisatawan mengunjungi seluruh bagian pulau, dan utuhnya garis pantai yang bisa dikelilingi wisatawan adalah keunggulan dari pulau kecil. Pulau Untung Jawa merupakan salah satu Pulau kecil yang diminati oleh wisatawan. Perbedaan pulau Untung Jawa dengan pulau lainnya di wilayah kepulauan seribu adalah keberadaan penduduk tetap di pulau ini. Untuk itu Pulau ini harus memiliki kemampuan memenuhi kebutuhan hidup penduduknya, yang menjadikan pulau ini menarik untuk diteliti. Pada penelitian ini, Sumber Daya Alam permukaan pulau untung jawa diinventarisasi dan dilakukan penzonaan wilayah. Pulau ini dibagi ke dalam beberapa zona, yaitu mangrove, tambak, pepohonan, pantai beton, tanah lapang, pantai, dan bangunan. Metode yang digunakan adalah Linear Vector Quantization (LVQ), dimana fitur yang digunakan adalah intensitas RGB dari piksel citra Pulau Untung Jawa. Dari hasil uji coba didapat luas masing-masing zona, yaitu mangrove (12 ha), tambak (3,4 ha), pepohonan (7,4 ha), pantai beton (3 ha), tanah lapang (6,6 ha), pantai (1,1 ha), dan bangunan (6,5 ha). Hasil ini bisa digunakan untuk mengukur daya tampung pulau per hari.

Full Text:

PDF

References


Berg, M. d., Cheong, O., Kreveld, M. v., & Overmars, M. (2008). Computational Geometry: Algorithms and Applications 3rd Edition. Eindhoven: Springer.

Kelurahan Pulau Untung Jawa. (2018). Laporan Bulan Maret 2018. Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu: Kelurahan Pulau Untung Jawa.

Ketjulan, R. (2010). Daya Dukung Perairan Pulau Hari Sebagai Objek Ekowisata Bahari. Paradigma, 192-204.

Kristiana, Y. (2016). Kajian Pengembangan Dermaga Di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu. Jurnal Khasanah Ilmu, 30.

Kurniawan, B. (2008). Pola Ruang Wisata Pantai Pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu. Depok: Skripsi Tidak Diterbitkan.

Muflih, A., Fahrudin, A., & Wardiatno, Y. (2015). Kesesuaian dan Daya Dukung Wisata Pesisir Tanjung Pasir dan Pulau Untung Jawa. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, 141-149.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ