ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN PRESTASI KERJA PNS DENGAN ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS

Ardiles Sinaga, Murnawan Murnawan

Abstract


Penilaian prestasi kerja pegawai negeri sipil (PNS) adalah sebuah proses kegiatan yang dilakukan untuk mengevaluasi tingkat pelaksanaan pekerjaan atau unjuk kerja (perfomance appraisal) seorang pegawai. Penilaian ini bertujuan untuk menjamin objektivitas pembinaan PNS yang dilakukan berdasarkan sistem prestasi kerja dan sistem karier yang dititikberatkan pada sistem prestasi kerja. Obyektivitas penilaian prestasi kerja PNS memerlukan parameter penilaian sebagai ukuran dan standar penilaian hasil kerja yang diperoleh dari capaian Sasaran Kerja Pegawai (SKP) dan perilaku kerja pegawai yang bersangkutan. Parameter-parameter ini merupakan kriteria-kriteria yang sudah ditetapkan dari pusat. Kriteria-kriteria tersebut akan digunakan untuk menghitung dan menyeleksi prestasi kerja pegawai negeri sipil dan mengurutkan hasilnya berdasarkan nilai yang terendah ke nilai yang tertinggi. Kendala yang dihadapi adalah bagaimana membobotkan kriteria-kriteria tersebut dan menggunakannya ke dalam proses penilaian prestasi kerja tersebut. Salah satu cara untuk melakukan proses perhitungan dengan menggunakan Sistem Pendukung Keputusan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Analytical Hierarchy Process (AHP). Penelitian ini tidak akan membahas secara detail penggunaan algoritma AHP dalam proses perhitungan. Karena tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa dan merancang sebuah sistem informasi pendukung keputusan untuk melakukan perhitungan penilaian prestasi kerja pegawai negeri sipil. Metode analisis dan perancangan sistem informasi ini menggunakan metode prototype dan bahasa pemodelannya mengunakan UML (Unified Modeling Language). Disamping itu, penelitian ini juga akan merancang tampilan user interface-nya menggunakan mockup. Diharapkan, hasil dari penelitian ini dapat menjadi sebuah rujukan untuk mengimplementasikan sebuah sistem informasi pendukung keputusan berbasis web untuk membantu pemerintah daerah dalam menilai prestasi kerja pegawai negeri sipil.

Full Text:

PDF

References


Agni F,Hanstoro. 2011. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Bonus Pegawai Menggunakan Metode Promethee. Yogyakarta. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”.

Khosrow-Pour, M. 2005. Encyclopedia of Information Science and Technology (5 Volumes). Idea Group Reference.

Pratomo, S, 2014. Sistem Pendukung Keputusan. Kudus: Universitas Muria.

Saaty R. W. 1987. The analytic hierarchy process what it is and how it is used, Mathematical Modelling, vol. 9, no. 3, pp. 161–176.

Saaty T. L. 1980. The Analytic Hierarchy Process. McGraw- Hill International, New York, NY, USA.

Saaty T. L. 2008. “Decision making with the analytic hierarchy process,” International Journal of Services Sciences, vol. 1, no. 1, pp. 83–98.

S. K. Sehra, Y. S. Brar, and N. Kaur. 2012. “Multi Criteria Decision Making Approach for Selecting Effort Estimation Model,” International Journal of Computer Applications, vol. 39, no. 1, pp. 10–17.

Sommerville, I. 2011. SOFTWARE ENGINEERING Ninth Edition. Massachusetts: AddisonWesley.

W. Sheng, L. Zhang, W. Tang, J. Wang, and H. Fang. 2014. “Optimal multidistributed generators planning under uncertainty using ahp and ga,” TELKOMNIKA Indonesian Journal of Electrical Engineering, vol. 12, no. 4, pp. 2582–2591


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ