IMPLEMENTASI ALGORITMA EDIT DISTANCE PADA PENGEMBANGAN APLIKASI E-LEARNING BSI MENGGUNAKAN METODOLOGI WATERFALL

Iqbal Dzulfiqar Iskandar, Taufiqurrochman Taufiqurrochman

Abstract


Aplikasi E-learning Bina Sarana Informatika dipergunakan sebagai sarana untuk mempermudah dosen dan mahasiswa untuk melakukan proses belajar mengajar dengan mode tanpa bertatap muka. Aplikasi E-learning, memliki konten yang berisi seputar pengolahan data akademik, baik itu proses pembuatan latihan soal oleh dosen, tugas, quis, upload modul, serta penilaian hasil belajar mahasiswa. Berkaitan dengan hal terssebut kekurangan yang terdapat pada aplikasi E-learning BSI adalah tidak memiliki fitur untuk pencarian modul diktat mahasiswa. Maka dari itu perlu di kembangkannya aplikasi E-learning BSI dengan menambahkan fitur proses pencarian modul diktat kuliah mahasiswa,yang bertujuan untuk mempermudah proses temu kembali informasi dalam pencarian modul diktat pembelajaran mahasiswa. Proses pengembangan perangkat lunak pada e-learning BSI menggunakan pendekatan model proses waterfall dengan mengadaptasi algoritma edit distance ke dalam fitur pencarian modul diktat pada website e-learning BSI. Hasil pengujian pencarian modul dengan algoritma edit distance menggunakan kata typo “dta minig”, “algoritma genetic“, J4va web”, “racle”, dapat dikoreksi dan terdeteksi oleh algoritma edit distance dengan akurasi 90% dengan tingkat kecepatan pencarian 48% lebih cepat dari pencarian yang tidak mengadopsi algoritma edit distance, ini mengartikan algoritma edit distance dapat mengkoreksi kata pada saat pengguna salah dalam pengetikan kata.

Full Text:

PDF

References


Adriyani, M. M. N., Santiyasa, W. I., Muliantara A. (2011).Implementasi Algoritma Levensthein Distance dan Metode Empiris Untuk Menampilkan Saran Saran Perbaikan Kesalahan Pengetikan Dokumen. Universitas Udayana.

Baskoro SY., Ridok , Furqon TM., 2015. Pencarian Pasal Pada Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (Kuhp) Berdasarkan Kasus Menggunakan Metode Cosine Similarity Dan Latent Semantic Indexing (Lsi). Journal of Environmental Engineering & Sustainable Technology JEEST. P-ISSN:2356-3109.

Fika HR. 2012. Sistem Temu Kembali Informasi Menggunakan Model Ruang Vektor dan Inverted Index. Madura. Jurnal Simantec. Fakultas Teknik, Universitas Trunojoyo Madura. ISSN 2088-2130.

Hamzah A. 2009. Temu Kembali Informasi Berbasis Kluster Untuk Sistem Temu Kembali Informasi Teks Bahasa Indonesia. Fakultas Teknologi IndustriInstitut Sains & Teknologi AKPRIND. Yogyakarta. Jurnal Teknologi, Volume 2 Nomor 1.

Karter D P., Lumenta A., Jacobus A. 2016. Penerapan Sistem Temu Kembali Informasi Pada Kumpulan Dokumen Skripsi. E-journal Teknik Informatika, Volume 8. ISSN : 2301-8364

Mulyana, I., Chairunnas, A., Maesya A. (2015). Identifikasi Plagiasi Karya Ilmiah berbasis Temu Kembali Informasi Menggunakan Algoritam Edit Distance Melalui Peringkasan Teks Otomatis Jurnal Nasional. Universitas Pakuan. ISSN 2407 – 7534.

Magdalena M.G. Lum. 2015. Pemanfaatan Sarana Temu Kembali Informasi Khususnya Katalog Upt Perpustakaan Unima Oleh Mahasiswa. Journal “Acta Diurna” Volume IV. No.1.

Muhammad,Endah N.S., Noranita B. Sistem Temu Kembali Informasi Dalam Dokumen Menggunakan Metode Latent Semantic Indexing. Program Studi Teknik Informatika. Universitas Diponegoro.

Sempena, S. (2009). Algoritma Program Dinamis Edit distance untuk Pengecekan Ejaan.Institut Teknologi Bandung.

Sommerville. (2011). Software Engineering 9th editon. Pearson Education, Inc. Boston

Piliang M. Sistem Temu Kembali Informasi Dengan Mendayagunakan Media Katalog Perpustakaan. Jurnal Iqra’ Volume 07 No.02.

Witanti W., Rahmanto H., Renaldi F.2016. Pembangunan Sistem Temu Balik Informasi (Information Retrieval) Dalam Pemilihan Pemain Sepak Bola Berkualitas Di Indonesia Berbasis Analisis Sentimen. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENTIKA 2016). Yogyakarta ISSN: 2089-9815.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ