MENINGKATKAN KUALITAS HASIL UJIAN MENGGUNAKAN APLIKASI UJIAN ONLINE (STUDI KASUS SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) St. YOHANES XXIII MAUMERE)

Imelda Dua Reja, Dominggus Riwu Nganggo

Abstract


Pelaksanaan ujian atau tes untuk mengukur tingkat keberhasilan belajar siswa setiap pertengahan dan satu semester pada SMK St. Yohanes XXIII Maumere masih berbasis kertas, sehingga guru serta panitia ujian harus menambah jam kerja untuk menyusun soal, penggandaan soal, mengawasi ujian, mengoreksi bahan ujian hingga proses penilaian, hal ini membutuhkan biaya waktu yang banyak serta tingkat kecurangan siswa yang tinggi saat pelaksanaan ujian. Pengembangan sistem dalam penelitian ini digunakan model waterfall. Sebelum memulai pekerjaan yang bersifat teknis, peneliti melakukan komunikasi dengan pihak sekolah dalam hal ini kepala sekolah dan para guru terkait dengan sistem ujian yang ada di sekolah tersebut, kemudian penelitia membuat estimasi tugas – tugas teknis yang akan dilakukan untuk pembuatan serta pengembangan aplikasi ujian serta kebutuhan sumber daya, tahap selanjutnya peneliti merancang sebuah model arsiteksur sistem untuk aplikasi ujian seperti Database Managemen System, Data Flow Diagram dan Entity Relationship Diagram, selanjutnya pengkodingan, dan tahap terakhir adalah mengimplementasi software aplikasi ujian ke pengguna, pemeliharaan software secara berkala, perbaikan software, evaluasi software, dan pengembangan software berdasarkan umpan balik yang diberikan agar sistem dapat tetap berjalan dan berkembang sesuai dengan fungsinya. Dengan menggunakan aplikasi ujian, SMK St.Yohanes XXIII melaksanakan ujian/tes pertengahan atau akhir semester untuk biaya memperbanyak soal sebanyak jumlah siswa dan biaya koreksi soal dapat menghemat biaya + 84% dari biaya sebelumnya Rp. 30.000.000 menjadi Rp. 5.000.000,-. Waktu koreksi soal hanya 1 hari sehingga lebih cepat dibandingkan sebelumnya waktu yang dibutuhkan 2 sampai 4 hari. Tingkat kecurangan sebelumnya sekitar 50 % siswa melakukan kecurangan, dengan menggunakan aplikasi tidak terjadi kecurangan.

Full Text:

PDF

References


Bunafit Nugroho. 2013. Dasar Pemrograman Web PHP – MySql dengan Dreamweaver. Penerbit Gava Media, Kliten Lor GK III/15 Yogyakarta.

Fathansyah, Ir. 2002. Basis Data. Bandung: Informatika.

Francis, Taylor. 2010. E-Learning. Dibahasakan oleh Tegus Wahyu Utomo, Robin Mason dan Frank Rennic dalam buku E-Learning Panduang Lengkap Memahami Dunia Digital dan Internet.Yogyakarta : Baca.

Kenneth E. Kendall, Jullie E. Kendall 2003 System Analysis and Design, fift Edition.Dialibahasakan oleh Tamrin Abdul Hafed Al- Hamdany, B.Sc.M.Sc. dalam buku Analisis dan Perancangan Sistem. Jakarta: PT Prenhallindo

Kuswayanto, Lia. 2005. Mahir Berkomputer TIK untuk SMA. Jakarta: Grefindo Medi Pratama.

Meinawati, Tristy 2008. Perancangan Aplikasi Ujian Online Jurusan Sistem Komputer Unversitas Diponegoro Semarang.

Misky, Dudi. 2005 Kamus Informatika dan Teknologi.Jakarta : Edsa Mahkota.

Pandya, Henry. 2007. Teknologi Informatika dan Komunikasi.Jilid I, II dan III. Jakarta: Erlangga.

Prakoso, Samuel. 2005. Jaringan Komputer LINUX, Ed I. Yogyakarta.

Sugeng, Winarno. 2006. Jaringan Komputer dengan TCP/IP, Bandung : Informatika.

Tulangow,Boby Melky . 2011 Sistem Ujian Berbasis Web.

Wijaya, Gita Surya. 2007. Bedah Total Server.Jakarta : Info Komputer.

Sopandi, Dede. 2008. Instalasi dan Konfigurasi Jaringan Komputer. Bandung: Informatika.

Yakub.2008. Sistem Basis Data Tutorial Konseptual. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yahya, Ali .2011. Aplikasi Ujian Madrasah Berbasis Local Area Network (LAN) Pada Madrasah Tsanawiyah Al Muawanah Curug Tangerang.

Yuhefizard. 2003. Database Management Menggunakan Microsoft Acsses.

https://id.wikipedia.org/wiki/Ujian


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ