DESAIN ALGORITMA STEGANOGRAFI DENGAN METODE SPREAD SPECTRUM BERBASIS PCMK (PERMUTASI CHAOTIC MULTIPUTARAN MENGECIL DAN MEMBESAR) YANG TAHAN TERHADAP GANGGUAN

Septian Rheno Widianto

Abstract


Kriptografi dan steganografi adalah dua alat untuk menawarkan keamanan data. Kriptografi menyediakan fitur seperti kerahasiaan, keaslian, dan integritas data. Pada steganografi ada 3 hal penting yang perlu diperhatikan yaitu imperceptibility, fidelity, dan recovery, Steganografi biasanya terdiri dari dua sistem, yaitu sistem untuk menyembunyikan pesan dan sistem untuk mengambil pesan. Metode steganografi yang dipakai merupakan metode yang berbasis sistem chaos, dalam ilmu fisika dan matematika, teori chaos berhubungan dengan suatu kegiatan atau kebiasaan sistem nonlinear yang dinamis, yang untuk beberapa kondisi menampilkan sebuah fenomena acak (chaos). Spread Spectrum steganography terpencar-pencar sebagai pesan yang diacak (encrypt) melalui gambar. Untuk membaca suatu pesan, penerima memerlukan algoritma yaitu crypto-key dan stego-key. Metode permutasi multiputaran memiliki dua pasang metode yaitu permutasi multiputaran mengecil (PCMPK) dan permutasi multiputaran membesar (PCMPB) yang merupakan proses kebalikan satu dengan lainnya. Metode yang diusulkan juga diukur kinerjanya dari sisi ketahanan terhadap gangguan, diantaranya terhadap kompresi JPEG, terhadap gangguan standar (Gaussian noise, Poisson noise, Salt and Pepper noise, dan speckle noise), terhadap kehilangan data, serta terhadap perubahan kecerahan dan kontras. Dari beberapa hasil analisis dapat disimpulkan kinerja algoritma steganografi yang dihasilkan dapat tahan tehadap gangguan gangguan terhadap kompresi JPEG, terhadap noise standar (Gaussian noise, Poisson noise, Salt and Pepper noise, dan speckle noise), terhadap kehilangan data, serta terhadap perubahan kecerahan dan kontras.

Full Text:

PDF

References


C. Cachin (2005) : Digital Steganography

E. N. Lorenz, “The essence of chao”s: University of Washington Press, 1995.

E. W. Weisstein. (4/16/2015). “Chaos”. Available: From MathWorld-A Wolfram Web Resource. http://mathworld.wolfram.com/Chaos.html.

I. Stewart, "Mathematics: The Lorenz attractor exists," Nature, vol. 406, pp. 948- 949, 2000.

Gleick, Chaos: “Making a new science”: Random House, 1997.

Lin, Eugene T. and Delp, Edward J. “A Review of Data Hiding in Digital Image”, http://www.ece.purdue.edu/~ace, 18 Juli 2004.

L. Kocarev and S. Lian, “Chaos-based cryptography”: theory, algorithms and applications vol. 354: Springer, 2011.

Marloe, Hamidah, “Implementasi Autentikasi Citra Digital Menggunakan Watermark Berupa Hash Citra Dengan Transformasi Fourier”. STT Telkom, Bandung. 2003.

M. Tabor, “Chaos and Integrability in Nonlinear Dynamics”: An Introduction: Wiley-Interscience, 1989.

M. Suryadi, "Algoritma Baru Enkripsi Video dengan Menggunakan Multi Chaotic Cipher Berbasis Galois Field (256) dan Transformasi Cosinus Diskrit Terkuantisasi," Disertasi Doktor, Department of Electrical Engineering, Universitas Indonesia, Indonesia, 2013.

Munir, R. (2004) : “Pengolahan Citra Digital”, Informatika, Bandung.

P. Budi, “Steganografi Pada Citra Digital Menggunakan Metode Spread Spectrum Dan Metode Least Significant Bit (LSB) Modification”, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia. 2011.

R. Mutia S “Studi dan Pengujian Algoritma Steganografi pada Aplikasi Steghide”, Institut Teknologi Bandung, Indonesia. 2017.

S. Wiggins, “Introduction to applied nonlinear dynamical systems and chaos” vol. 2: Springer Science & Business Media, 2003.

Supangkat, Suhono H., Juanda, Kuspriyanto. “Watermarking sebagai Teknik Penyembunyian Label Hak Cipta pada Data Digital”. ITB, Bandung. 2000.

Y. Suryanto, “Pengembangan dan analisis metode permutasi Chaotic baru berbasis multiputaran mengecil dan membesar untuk enkripsi citra dengan tingkat keamanan tinggi, cepat dan tahan terhadap gangguan”. Disertasi Program Doktor, Universitas Indonesia. 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ