PERANCANGAN DAN SIMULASI MULTI LAYER PARASITIC ANTENA ARRAY MIKROSTRIP 1X2 DENGAN PATCH PERSEGI UNTUK APLIKASI 2,45 GHZ

Fachrul Reiza Medina, Edwar Edwar

Abstract


Antena merupakan suatu perangkat penting pada sistem komunikasi nirkabel (wireless). Pada makalah ini, multi layer parasitic antena susunan mikrostrip 1x2 dengan patch persegi (rectangular) dirancang dan disimulasikan untuk aplikasi 2,45 GHz menggunakan software CST STUDIO SUITE 2014. Antena tersebut dirancang dengan menggunakan material FR-4 untuk substrat pada masing – masing elemen antena dan tembaga sebagai material yang digunakan pada patch, feed line, serta ground plane (reflektor) antena, dan silikon yang digunakan sebagai penyangga (spacer) antar elemen antena. Antena ini memiliki lima buah elemen yang terdiri atas satu elemen driven dan empat elemen director. Masing – masing elemen antena terdiri atas dua buah patch persegi yang disusun sejajar dan dihubungkan dengan menggunakan T-junction. Elemen – elemen director berjarak λ/4 satu sama lain, sedangkan jarak antara elemen driven dan elemen director pertama adalah λ/2. Adapun elemen driven memiliki reflektor (ground plane) sebagai pemfokus arah pancaran antena dan berfungsi untuk meningkatkan gain antena. Hasil simulasi menunjukkan bahwa antena tersebut memiliki nilai return loss sebesar -21,05 dB, Voltage Standing Wave Ratio (VSWR) 1,19, dan bandwidth 45,1 MHz. Selain itu, antena tersebut berpolarisasi linear dengan pola radiasi unidirectional, memiliki nilai direktivitas maksimum sebesar 11,4 dBi dan gain maksimum 8,25 dBi, serta nilai impedansi 49,8 Ω. Penggunaan antena susunan mikrostrip yang disusun secara parasitic akan meningkatkan gain antena, sehingga antena tersebut dapat digunakan untuk komunikasi nirkabel dengan jarak yang lebih jauh pada aplikasi 2,45 GHz.

Full Text:

PDF

References


Alsager, Ahmed Fatthi. Design and Analysis of Microstrip Patch Antenna Arrays. Thesis di University of College of Boras.

Aprizal dan A. Manda. 2017. Microstrip Biquad Patch Antenna for WLAN. No. 1, pp. 72–75.

Balanis, C.A. 1997. Antenna Theory. 2nd ED. John Wiley & Sons, Inc.

Huang, Yi dan Kevin Boyle. 2008. Antennas : from theory to practice. United Kingdom : John Wiley & Sons Ltd.

Huque. Md. Tanvir Ishtaique-ul. 2011. Design and Performance Analysis of Microstrip Array Antennas with Optimum Parameters for X-Band Applications. Rajshasi University Engineering and Technology.

Khraisat, Yahya S. H. Januari 2012. Design of 4 elements rectangular microstrip patch antenna with high gain for 2.4 GHz applications. Modern Applied Science, Vol. 6, No.1.

M. Amman. November/Desember 1997. Design of Regtangular Microstrip Patch Antennas for the 2,4 GHz Band. Applied Microwave & Wireless, PP.24-34.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ