SISTEM AKUISISI DATA SUHU DAN KELEMBABAN TANAH PADA IRIGASI TETES OTOMATIS BERBASIS INTERNET OF THINGS

Fitria Suryatini, Maimunah Maimunah, Fachri Ilman Fauzandi

Abstract


Pengairan atau irigasi merupakan faktor penting dalam suatu proses budidaya tanaman. Salah satu metode pengairan tanaman adalah irigasi tetes. Dalam sistem irigasi tetes perlu diperhatikan juga kebutuhan air pada tanaman sehingga diperlukan pengontrolan otomatis untuk mencegah tejadinya kekurangan dan kelebihan pemberian air berdasarkan kelembaban tanah. Sebelum dilakukan pengontrolan, perlu diketahui karakteristik suhu lingkungan dan kelembaban tanah di area lahan tanaman tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan merancang sistem akuisisi data pada irigasi tetes otomatis untuk mengukur suhu lingkungan dan kelembaban tanah menggunakan sensor suhu DS18B20 dan sensor kelembaban tanah SEN:0193 berbasis Internet of Things (IoT). Data sensor diolah menggunakan Raspberry Pi Model B kemudian dikirimkan pada aplikasi android melalui jaringan internet dan firebase realtime database sehingga data dapat diakses kapan pun dan dimana pun. Pengujian dilakukan dengan melakukan kalibrasi dan validasi pembacaan sensor serta pengiriman dan perekaman data pada aplikasi yang telah dibuat. Hasil pengujian sensor kelembaban tanah menunjukkan bahwa semakin besar tingkat kelembaban maka semakin kecil tegangan yang dihasilkan dengan range 1,77- 3,09V. Selisih pembacaan suhu antara sensor dan thermometer sebesar 0,33. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data sensor dapat terkirim secara realtime pada aplikasi android melalui internet dengan delay rata-rata sebesar 2 detik.

Full Text:

PDF

References


Budisanjaya, dkk. 2016. Pemantau Suhu dan Kadar Air Kompos Berbasis Internet Of Things (Iot) dengan Arduino Mega dan Esp8266. Jurnal Ilmiah Teknologi Pertanian AGROTECHNO. Vol 1, No 2.

Chaer, M., S., I. dkk. 2016. Aplikasi Mikrokontroler Arduino pada Sistem Irigasi Tetes untuk Tanaman Sawi (Brassica Juncea). Jurnal Ilmiah Rekayasa Pertanian dan Biosistem Vol. 4, No. 2: 228–238.

Darussalam, T,. Nugroho, H, A,. 2018. Rancang bangun sistem pengukur suhu dan kelembaban tanah berbasis komunikasi radio. Jurnal Sains dan Teknologi. Vol 7, No. 1.

Rozikin, C, dkk. 2017. Sistem Akuisisi Data Multi Node Untuk Irigasi Otomatis Berbasis Wireless Sensor Network. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi. Vol 6, No 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ