ANALISIS UPAYA PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM MEMILIH SUPPLIER TERBAIK DENGAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS) PADA DEPARTMENT PROCUREMENT PT. XYZ

Richy Abdullah

Abstract


Pemilihan supplier merupakan salah satu hal yang penting dalam aktivitas pembelian bagi perusahaan. Pemilihan supplier merupakan masalah multi kriteria yang meliputi faktor-faktor kuantitatif dan kualitatif. Salah satu metode yang biasa digunakan untuk pemilihan supplier adalah metode AHP (Analytical Hierarchy Process). Penelitian ini dilakukan pada sebuah perusahaan manufaktur, PT XYZ, yang akan meningkatkan dan mengembangkan hubungan kemitraan dengan supplier khususnya supplier material stamping parts, dimana kondisi pasokan material stamping parts PT XYZ saat ini masih belum dapat memenuhi harapan perusahaan dan memberikan dampak pada keterlambatan kegiatan proses produksi didalam PT XYZ. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah urutan prioritas kriteria dan subkriteria dalam pemilihan supplier pada PT XYZ? (2) Supplier/pemasok manakah yang sebaiknya dipilih oleh PT XYZ berdasarkan metode AHP? Studi kasus sampel yang di ambil dari penelitian ini adalah para pemangku kepentingan dalam departemen pembelian, kualitas, keuangan dan gudang yang memiliki intensitas hubungan supplier yang tinggi. Teknik pengambilan sampel menggunakan judgment sampling metode AHP (Analytical Hierarchy Process) mensyaratkan ketergantungan pada sekelompok ahli sesuai dengan jenis spesialis terkait dalam pengambilan keputusan. Para pemangku kepentingan sangat dibutuhkan dalam upaya memberikan keterangan kriteria-kriteria dan subkriteria apasaja yang dibutuhkan dalam upaya pemilihan supplier terbaik khususnya supplier material stamping parts. Dari hasil penilaian tingkat kepentingan kriteria dalam pemilihan supplier menghasilkan skala prioritas/bobot sebagai berikut: prioritas I kualitas (0,156), prioritas II harga (0,155), prioritas III pengiriman (0,141), prioritas IV jaminan (0,133), prioritas V kapabilitas teknis (0,113), Prioritas VI system tersertifikasi (0,093), Prioritas VII responsif (0,067), Prioritas VIII pelayanan (0,060), Prioritas IX performa (0,050) dan yang terakhir adalah fleksibilitas (0,031). Dari hasil penilaian tingkat kepentingan alternatif dalam pemilihan supplier menghasilkan skala prioritas/bobot sebagai berikut: prioritas I supplier PT. FGH (0,3761), prioritas II supplier PT. PQR (0,3102), prioritas III supplier PT. ABC (0,1676) dan prioritas terakhir yaitu supplier PT. LMN (0,1461).

Full Text:

PDF

References


Andika, Deni, dkk. 2013. Usulan Pemilihan Supplier Bahan Baku Tetap Menggunakan Vendor Performance Indicator dan Analytical Hierarchy Process. JurusanTeknik Industri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Bello, Marlene J. Suarez. 2003. A Case Study Approach to The Supplier Selection Process. http://grad.uprm.edu/tesis/suarezbello.pdf didownload tanggal 11 Mei 2009.

David N. Burt., Richard L. Pinkerton (2006). A Purchasing Manager's Guide to Strategic Proactive Procurement. United States of America

Fatmawati, Medelina Shinta. 2007. Penggunaan Metode AHP dalam Mengukur Kualitas Jasa Lembaga Amil Zakat di Surakarta. Universitas Sebelas Maret. Surakarta

Jogiyanto, H. M. 2004. Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah Dan Pengalaman-Pengalaman. Yogyakarta: BPFE

Mukherjee, Krishnendu, 2017. Supplier Selection An MCDA Based Approach. Springer: India.

Putri, Chauliah Fatma, 2012. Pemilihan Bahan Baku Pengemas dengan Menggunakan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process). Universitas Widyagama: Malang.

Rimantho, Dino, dkk. 2017. Pemilihan Supplier Rubber Parts Dengan Metode Analytical Hierarchy Process Di PT. XYZ. Jurusan Teknik Industri, Universitas Pancasila.

Saaty, T. L., 2001. Models, Methods, Concepts Sc Applications of the Analytic Hierarchy Proce (first edition). Springer Science: New York.

Saaty, T. L., 2001. Models, Methods, Concepts Sc Applications of the Analytic Hierarchy Proce (second edition). Springer Science: New York.

Saaty, T. L., 1988. Multi Criteria Decision Methode: The Analitycal Hierarchy Process. University of Pittsburgh.

Saaty, T. L., 1994. Fundamentals of Decision Making and Priority Theory with the Analytic Hierarchy Process. RWS Publications: Pittsburgh USA.

Siahaya, Willem. 2012. Manajemen Pengadaan Procurement Management. Bandung: Alfabeta.

Widiyanesti, Sri, 2017. Penentuan Kriteria Terpenting Dalam Pemilihan Supplier Di Family Business Dengan Menggunakan Pendekatan Analytic Hierarchy.

Wulandari, Nanik, 2004. Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier di PT. Alfindo Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Fakultas Teknologi Informasi– Universitas Serang Raya.

http://www.wikipedia.org/wiki/Analytic_Hierarchy_Process didownload tanggal 1 April 2018

http://www.wikipedia.org/wiki/Decision_Support_System didownload tanggal 4 April 2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ