EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN TEKNIK INDUSTRI UMJ

Leola Dewiyani, M. Kosasih

Abstract


Peran sarjana teknik sangat besar dalam membangun konektivitas di bidang infrastruktur. Kegagalan persaingan di pasar global umumnya karena kurangnya konektivitas dan inovasi yang merupakan “competitive advantage” dari suatu industry. Untuk menciptakan sarjana teknik yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan pada era persaingan global merupakan salah satu tanggung jawab dari institusi pendidikan dalam hal ini perguruan tinggi. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, saat ini hampir seluruh jurusan di perguruan tinggi memasukkan matakuliah kewirausahaan dalam kurikulumnya, termasuk fakultas teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta. Kewirausahaan adalah sikap mental dan jiwa yang selalu aktif, kreatif, mandiri, berdaya, bercipta, berkarsa dan bersahaja dalam berusaha dan menciptakan sesuatu yang mempunyai nilai tambah. Dari definisi di atas penerapan matakuliah kewirausahaan merupakan salah satu matakuliah yang diharapkan dapat menunjang kemandirian dan kreatifitas mahasiswa tidak hanya di matakuliah tersebut tapi juga di matakuliah lainnya. Tetapi yang menjadi permasalahan disini adalah apakah penerapan mata kuliah di perguruan tinggi termasuk mata kuliah kewirausahaan ini dapat benar-benar mencetak mahasiswa yang kelak menjadi sarjana yang mandiri, kreatif dan inovatif apabila sistem pendidikan yang dilaksanakan saat ini masih menggunakan metode konvensional. Penelitian ini mencoba untuk mengatasi masalah agar mahasiswa dapat meningkatkan kreatifitas dan kemandiriannya yaitu dengan cara mengembangkan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata kuliah kewirausahaan dan diharapkan penerapan model pembelajaran ini dapat meningkatkan kemandirian dan kreatifitas mahasiswa sehingga kelak kedepannya dapat dihasilkan sarjana Teknik Industry FT UMJ yang kreatif, mandiri, berpikir kritis, tanggap terhadap masalah untuk dapat bersaing di era globalisi. Hasil penelitian sdengan menggunakan metode R&D menghasilkan perangkat pembelajaran metode PBl yang kemudian diujicobakan dan ditemukan tingkat efektifitas yang signifikan pada hasil pembelajaran mahasiswa TI FT UMJ di akhir semester

Full Text:

PDF

References


Abdallah M Hasna.(2008). Problem Based Learning in Engineering Design. Proceedings of SEFI 36TH Annual Conference European Society for Engineering Education

Arthur James Swart. (2014). Using Problem-Based Learning to Stimulate Entrepreneurial Awareness Among Senior African Undergraduate Students. Eurasia journal of mathematics, science and technology educationVolume 10, 2 April 2014

Aryanti Nurhidayati. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Sebagai Upaya Pembentukan Kemandirian Mahasiswa Pada Mata Kuliah Teknik Pondasi. JIPTEK, Vol. VI No.1, Januari 2013

Ausubel, D.P. (1968). Educational Psychology: A Cognitive View. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Brog, W. R. & Gall; Meredith, D. (1979). Educational research: An introductional. Newyork: David McKay Company.

Bruner, J.S. 1966. Toward a Theory of Instruction. New York: Norton.

Budianto A.M dan Euis Eti Rohaeti. (2014). Mengembangkan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar Siswa SMA melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pengajaran MIPA Volume 19 Nomor 2, OKtober 2014 hlm 166-172

Gagne, R.M. (1985). The Conditions of learning. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Geisert, Paul G. Teachers, Computers, and Curriculum. Allyn & Bacon, USA. 1995

Kintsch, W. 1970, Learning Memory, and Conceptual Processes. New York: Weley.

Leola Dewiyani. (2012). Penerapan Metode Problem Based Learning Sebagai Usaha Pencapaian Standar Kompetensi Dalam Pembelajaran Pengantar Ilmu Ekonomi. laporan penelitian internal LPPM UMJ

Leola Dewiyani, Upaya. (2013). Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Kewirausahaan Melalui Pengembangan Computer Assisted Instruction. Jurnal Ilmiah PGSD Vol.V No.2 Oktober 2013

Mayer, R.E. 1977. The Secuencing of Instruction and The Concept of Assimilation-to-Schema. Instructional Science, 6, 369-388.

Reigeluth, C.M. (ed.). (1983). Instructional design theories and models: an overview of their current status. Hillsdale, N.J.: Erlbaum.

Rigney, J.W. 1978. “Learning Strategies: A Theoretical Perspective”. in H.F. O’Neil, Jr. (Ed.). Learning Strategies. New York: Academic Press.

Thompson, J.F. 1975. Foundation for Vocational Education: Social and Philosophical Concept. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ