USULAN WAKTU PREVENTIVE MAINTENANCE UNTUK MENURUNKAN DOWNTIME MESIN PAPER MILL 1 DENGAN RELIABILITY BLOCK DIAGRAM (Studi Kasus: PT Indah Kiat Pulp and Paper)

Kulsum Kulsum, Evi Febianti

Abstract


PT Indah Kiat Pulp and Paper Serang mill merupakan produsen kertas. Produk yang di hasilkan di PT Indah Kiat Pulp and Paper Serang mill yaitu kertas warna cokelat (brown paper) dan kertas warna putih (white paper) dengan jumlah gramatur (gsm) yang berbeda beda. Berdasarkan laporan dari pihak maintenace perusahaan PT Indah Kiat Pulp and Paper Serang mill pada area produksi PMA terhadap kerusakan mesin yang beroperasi selama 3 tahun terakhir, didapatkan mesin yang mengalami waktu downtime tertinggi yaitu terjadi pada mesin paper mill 1. Terjadinya downtime dapat menyebabkan proses produksi terhenti serta menyebabkan produk yang di hasilkan tidak sesuai kualitas yang di tentukan. Penelitian yang dilakukan yaitu menggunakan reliability block diagram untuk menentukan keandalan mesin paper mill 1 sehingga dapat di tentukan penjadwalan preventive maintenance. Penelitian ini bertujuan menentukan penjadwalan preventive maintenance pada mesin paper mill 1 untuk menurunkan waktu downtime dengan menggunakan simulasi monte carlo. Dari hasil yang di dapatkan periode waktu preventive maintenance untuk menjaga keandalan sub-equipment pada mesin paper mill 1 di PT Indah Kiat Pulp and Paper Serang mill adalah untuk sub-equipment dryer setiap 8 hari, sub-equipment wire part setiap 16 hari, sub-equipment press part setiap 18 hari, sub-equipment size press setiap 28 hari, sub-equipment rewinder setiap 44 hari, sub-equipment calender setiap 41 hari dan sub-equipment pope reel setiap 30 hari. Dengan hasil penjadwalan preventive maintenance yang sudah di dapatkan lalu di simulasikan dengan simulasi monte carlo. Hasil dari simulasi di hitung waktu avaibility, hasil avaibility preventive lebih besar dari corrective maka dengan demikian penerapan preventive maintenance yang diusulkan tidak mengurangi availability dari sistim Paper Mill 1.

Full Text:

PDF

References


Ansori, N. 2013. Sistem Perawatan Terpadu (Integrated Maintenance System). Graha Ilmu.

Arina, dkk. 2013. Penentuan Keandalan Dengan Menggunakan RBD yang Berkonfigurasi Redundant Pada Mesin Bioler Di PT. X. Jurnal FT Universitas Sultan Ageng Tirtayasa: Cilegon: Jurusan Teknik Industri FT. UNTIRTA.

Batara, Ginta. 2009.SistemPemeliharaan Mesin Press DI PT.Multi Mekanik Serasi. Fakultas Teknologi Industri Universitas Mercu Buana.

Bei, Xiaohui. t.t. On the Complexity of Trial and Error.

Blanchard, B.S. 1997. An Enhanced Approach For Implementing Total roductive Maintenace In The Manufacturing Environment. Journal Of Quality In Maintenance Engineering. Vol. 3, Iss : 2 pp. 69 – 80.

Dhillon, B.S. 2006. Maintainability, Maintenance, and Reliability for Engineers.New York: Taylor & Francis Group.

Ebeling, C. 1987. An Introduction To Reliability And Maintainability Engineering. University of Dayton. Dayton.

Hasriyono, M. 2009. Evaluasi Efektifitas Mesin Dengan Penerapan Total Productive Maintenance (TPM) Di PT. Hadi Baru. Jurnal FT Universitas Sumatera: Medan. Medan: Jurusan Teknik Industri FT. USU.

Hidayat, dkk. 2010. Perencanaan Kegiatan Maintenance dengan Metode Reliability Centered Maintenance (II). Teknik Industri Universitas Trunojoyo.

Munaji, Ari., dkk. Usulan Penjadwalan Perawatan Mesin Dengan Mempertimbangkan Reliability Block Diagram Pada Unit Stand CPL Di PT Krakatau Steel (skripsi). Jurnal FT Universitas Sultan Ageng Tirtayasa: Cilegon: Jurusan Teknik Industri FT. UNTIRTA.

Pratama, R. H. J. 2011. Penentuan Nilai Reliability Sistem dengan Menggunakan Reliability Block Diagram. (skripsi). Cilegon: Tugas Akhir Jurusan Teknik Industri FT. Untirta.

Sudjana. 1991.Desain dan Analisis Eksperimen. Tarsito. Bandung.

Suryana. 2010. Metodologi Penelitian Model Prakatis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Universitas Pendidikan Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ