PERANCANGAN POMPA SENTRIFUGAL UNTUK WATER TREATMENT PLANT KAPASITAS 0.25 M3/S PADA KAWASAN INDUSTRI KARAWANG

Sorimuda Harahap, Muhammad Iqbal Fakhrudin

Abstract


Perancangan pompa sentrifugal ini dilakukan untuk kebutuhan penyaluran air baku pada Water Treatment Plant kawasan industry Karawang yang akan diolah menjadi air bersih dengan kapasitas 0,25m3/s yang berjarak dari Tarum Barat sampai lokasi WTP sejauh kurang lebih 6 km. Penyaluran air baku ke WTP membutuhkan spesifikasi pompa yang sesuai. Pemilihan pompa yang sesuai dilakukan dengan perhitungan yang akurat sesuai dengan data yang ada serta survey lapangan. Analisa yang dilakukan meliputi total head pompa, daya pompa, pemilihan jenis impeller, serta diameter pipa yang akan digunakan. Spesifikasi pompa intake ini akan didapat sesuai dengan kebutuhan apabila perancangannya dilakukan dengan cermat dan tepat. Hasil dari perancangan pompa ini dengan kapasitas Q = 0,25 m3/s dan H= 90m serta menggunakan putaran motor 1450 rpm, menghasilkan diameter pipa yang digunakan 0,416m, dengan jenis aliran air dalam pipa bersifat turbulen, jenis pompa yang digunakan menggunakan pompa tingkat 2 karna pompa yang digunakan untuk pengoperasian dengan jangka waktu yang panjang, dengan daya poros sebesar 245,25 kW diameter min.poros 80mm, serta jumlah sudu yang digunakan untuk impeller pompa sebanyak 9 sudu dengan tebal sudu 13,1mm, lebar roda b1=60mm, serta lebar roda b2= 40mm.

Full Text:

PDF

References


Selintung Mary.”perencanaan bangunan pengolahan air minum”,Jurusan Teknik Lingkungan Universitas Hasanudin

Melati wahyu rizki pratami. “Perencanaan Sistem Pengolahan Lumpur IPA Pejompongan I & II Jakarta”, SkripsiTugas Akhir Teknik Lingkungan Universitas Indonesia, Depok Juni 2011.

Standar Nasional Indonesia (SNI) 6774: 2008 tentang Tata cara perencanaan unit paket instalasi pengolahan air, Badan Standarisasi Nasional.

Sebayang, P., Muljadi Tetuko, A.P., Kurniawan, C. Sari, A.Y., Nurdiyansah, L.F., 2015, “Teknologi Pengolahan Air Kotor dan Payau Menjadi Air Bersih dan Layak Minum”, Jakarta : LIPI press.

Moh Iryandhasyah Akbar, “Analisis dan pengujian pompa sentrifugal sebagai studi awal perancangan pump storage plant” Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Pancasila, Jakarta Indonesia.

Wibowo Paryatmo, 2005. “ POMPA”. Jakarta : Universitas Pancasila Press

Sularso, Tahara Haruo. 1987. “Pompa dan Kompressor: Pemilihan Pemakaian, dan Pemeliharaan”. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ