RANCANG BANGUN MESIN MESIN PENCETAK BERAS ANALOG SEBAGAI PANGAN LOKAL DAERAH BANGKA

Muhammad Subhan, Rodika Rodika, Zaldy Kurniawan

Abstract


Beras analog yang dikenal juga beras aruk merupakan pangan lokal dari daerah Bangka yang perlu dipertahankan dan dilestarikan. Bahan dasar beras analog atau beras aruk ini terbuat dari ubi kayu. Pemanfaatan beras analog ini sebagai bahan baku yang dapat diolah menjadi produk lain seperti kue, nasi goreng dan aneka pangan lainnya. Proses produksi beras analog mempunyai beberapa tahapan diantaranya perendaman, pengadukan dan penghancuran serat ubi kayu, pemerasan tepung beras, penumbukan, pencetakan, penyangraian dan penjemuran. Salah satu mesin yang perlu dikembangkan adalah mesin pencetakan beras yang selama ini dilakukan secara manual. Mesin ini bertujuan agar dapat mengaduk, menumbuk dan membentuk sekaligus secara kontinyu. Sistem kerja mesin adalah adonan dimasukkan ke dalam wadah extruder. Selama dalam wadah ini extruder adonan dipanaskan dengan pengaruh heater sehingga adonan benar-benar tercampur merata, dapat lebih halus dan seragam. Kemudian adonan terdorong keluar dan dibentuk menyerupai beras dan butiran beras analog. Metode pelaksanaan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, pembuatan konsep dan rancangan, pembuatan dan perakitan mesin, uji coba dan analisa hasil. Hasil uji coba mesin adalah didapatkan adalah bentuk beras analog yang seragam dengan kapasitas mesin 25 kg/jam.

Full Text:

PDF

References


Allem AC. 2002. The origins and taxonomy of cassava. Hillocks RJ, Thresh JM, Bellotti AC (eds). Cassava: Biology, Production and Utilization, New York, CABI Publishing.

Djuwardi A. 2009. Cassava Solusi Pemberagaman Kemandirian Pangan, Manfaat, Peluang, Bisnis dan Prospek. Jakarta, Grasindo.

Harsokoesoemo D. 2004. Pengantar Perancangan Teknik (Perancangan Produk)”. Jakarta, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Nainggolan, Kaman. 2008. Ketahanan dan Stabilitas Pasokan, Permintaan dan Harga Komoditas Pangan. Analisis Kebijakan Pertanian, Volume 6 No.2.

Supadi. 2004. Pengembangan Diversifikasi Pangan: Masalah dan Upaya Mengatasinya. Icaserd Working Paper No. 45 bulan Maret 2004. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Bogor.

Muhammad Subhan, Zaldy Kurniawan. 2016. Rancang Bangun Mesin Pemeras Tepung Beras Aruk. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif, vol.1.

Anonim. 2012. Road Map Diversifikasi Pangan 2011-2015. Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Jakarta.

Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka. 2012. Peraturan Bupati Bangka Nomor 13A Tahun 2012. Sungailiat Bangka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ