PERUBAHAN ANGKA PORI TANAH LUNAK TERSTABILISASI DENGAN SERBUK KACA DAN SERAT KARUNG PLASTIK

Dyah Pratiwi Kusumastuti, Irma Sepriyanna, Hastanto SM

Abstract


Tanah dasar berfungsi sebagai pondasi pada konstruksi jalan yang mampu memikul beban konstruksinya sendiri dan beban lalu lintas. Namun masalah yang seringkali dihadapi dalam merencanakan dan melaksanakan pekerjaan konstruksi jalan adalah karakteristik dan jenis tanah pada daerah setempat yang tidak memenuhi persyaratan kualitas dan mutu timbunan. Pada penelitian ini akan dibahas mengenai pengaruh stabilisasi tanah rawa yang merupakan tanah lunak (soft soil) dengan penambahan serbuk kaca dan serat karung plastik sebagai tanah timbunan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah melihat perubahan angka pori dengan melakukan pengujian konsolidasi pada tanah asli maupun tanah terstabilisasi. Berdasarkan hasil pengujian, berat jenis tanah lunak minimum sebesar 1,863 yang merupakan tanah asli + 10% serbuk kaca + 0,5% serat karung plastik atau mengalami penurunan sebesar 9,387 % dibandingkan berat jenis tanah asli. Penambahan serbuk kaca dan serat karung plastik optimum pada kombinasi tanah asli + 10% serbuk kaca + 0,25% serat karung plastik dengan angka pori sebesar 0,76 atau mengalami penurunan sebesar 2,56% dibandingkan angka pori tanah asli pada pembebanan 16 kg.

Full Text:

PDF

References


Apriyanti, Peningkatan Nilai CBR Tanah Lempung dengan Menggunakan Semen Untuk Timbunan Jalan.

Apriyanto, M. Ikhwan Yani, Suradji Gandi, 2016, Pengaruh Nilai Porositas Terhadap Nilai Konsolidasi dari Tanah Gambut, Jurnal Proteksi Vol 2 No 2

Ariyani, Ninik; Prilani Dwi Wahyuni, 2007, Perbaikan Tanah Lempung dari Grobogan Purwodadi dengan Campuran Semen dan Abu Sekam Padi, Majalah Ilmiah UKRIM Edisi 1 Tahun XII, Hal. 1-17.

Aschuri, Imam, Perbaikan Tanah Ekspansif dengan Menggunakan Garam Anorganik (Studi Kasus: Tanah Cikampek).

Diharjo, Kuncoro, 2006, Kajian Pengaruh Teknik Pembuatan Lubang Terhadap Kekuatan Tarik Komposit Hibrid Serat Gelas Dan Serat Karung Plastik, Jurnal Teknoin Vol 11 No 1 Maret 2006.

Endaryanta dan Dian Eksana Wibowo, 2016, Pemanfaatan Dan Modifikasi Limbah Plastik Untuk Perbaikan Sifat Teknik (Kuat-Geser)Tanah Lempung, Jurnal Inersia Vol XII No 2 Desember 2016.

Gunawan, Sumiyati, 2011, Perbaikan Dasar Pondasi dengan Tetes Tebu dan Kapur, Prosiding Seminar Nasional-1 BMPTTSSI, KoNTekS 5, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Handayasari, Indah; Siklus, 2015, Stabilisasi Tanah Pada Lahan Bekas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah dengan Pemanfaatan Serbuk Limbah Kaca Sebagai Bahan Campuran, Prosiding Seminar Nasional, UTA45, Jakarta.

Hardiyatmo, Hary Christady, 2013, Stabilisasi Tanah Untuk Perkerasan Jalan, Edisi kedua, Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Hisyam, Endang Setyawati dan Donny F. M., 2014, Pemanfaatan Limbah Plastik Untuk Stabilitas Lereng, Jurnal Fropil Vol. 2 No. 2, Hal. 92-101.

Ikhsan, Muhammad Nur, Hakas P dan Fadillawaty S., 2016, Pengaruh Penambahan Pecahan Kaca Sebagai Bahan Pengganti Agregat Halus dan Penambahan Fiber Optik Terhadap Kuat Tekan Beton Serat, Jurnal Ilmiah Semesta Teknika Vol. 19 No. 2.

Irmanzah, R., 2014, Pengaruh Serat Karung Plastik daan Kapur terhadap Perubahan Nilai CBR pada Tanah Lempung Lunak, Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan Vol 2 No. 4 Desember 2014.

Kasiati, E., 2011, Pembuatan Paving Blok dengan Menggunakan Semen Portland dan Semen Pozzolan dengan Bahan Tambahan Serbuk Kaca dan Abu Batu, Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Prasarana.

Nurtjahjaningtyas, Indra, 2005, Pemilihan Metode Perbaikan Tanah Untuk Kawasan Pantai (Studi Kasus: Di Wilayah Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya), Jurnal Media Sipi, Hal 65-70.

Purnomo, Hendra dan Endang S. H., 2014, Pemanfaatan Serbuk Kaca Sebagai Substitusi Parsial Semen Pada Campuran Beton Ditinjau Dari Kekuatan Tekan dan Kekuatan Tarik Belah Beton, Jurnal Fropil Vol. 2 No. 1, Hal: 45-55.

Siska, Heldys Nurul dan Yuki Achmad Yakin, Karakterisasi Sifat Fisis dan Mekanis Tanah Lunak di Gedebage, Jurnal Teknik Sipil Itenas Vol. 2 No. 4 Desember 2016, Hal. 1-12.

Tay, Pretty Angelina, dkk., Analisa Perkuatan Geotekstil Pada Timbunan Konstruksi Jalan dengan Plaxis 2D.

Utami, Sri Utami; Theresia MCA; Lucky Dwi Andriani, 2015, Stabilisasi Tanah Dasar (Subgrade) dengan Menggunakan Pasir Untuk Menaikkan Nilai CBR dan Menrunkan Swelling, Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan III, ITATS, Surabaya.

Wahjoedi, dkk., 2015, Karakteristik Campuran Tanah Lempung Merah dengan Serbuk Batu Bata Pada Berbagai Porsi Campuran Untuk Peningkatan Daya Dukung Lapisan Tanah Dasar (Subgrade), Jurnal Wahana Teknik Sipil Vol. 20 No. 2, Hal. 93-102.

Wibowo, Levin, 2013, Pengaruh Penambahan Serbuk Kaca dan Water Reducing High Range Admixtures terhadap Kuat Desak dan Modulus Elastisitas pada Beton, Tugas Akhir Program Studi Teknik Sipil Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Yogyakarta: UAJY.

Zaika, Yulvi; Budi Agus Kombino, 2010, Penggunaan Geotextile Sebagai Alternatif Perbaikan Tanah Terhadap Penurunan Pondasi Dangkal, Jurnal Rekayasa Sipil Vol. 4 No. 2, Hal 91-98


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ