ANALISA RISIKO PADA TAHAP KONTRUKSI PEMBANGUNAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MINIHIDRO (PLTM) PONGKOR

Tahir Ahmad, Nurul Cahyati

Abstract


PT.Aneka Tambang (ANTAM) merupakan salah satu industri tambang (BUMN) terbesar di Indonesia yang menerapkan tata kelola perusahaan yang baik dan memproduksi berbagai hasil jenis tambang, untuk menjalankan semua kegiatan produksi diperlukan sumber daya yang sangat besar baik itu sumber daya manusia, sumber daya alam maupun energi, PT. ANTAM tersebut Berencana untuk membangun pembangkit listrik tenaga minihidro (PLTM). Berada dalam lingkungan Unit Bisnis Pertambangan Emas (UBPE) pongkor, di desa Bantarkaret, kecamatan Nanggung, kabupaten Bogor. Pembangunan pembangkit listrik tenaga minihidro (PLTM) menjadi salah satu energi listrik PT. ANTAM, yang dapat bersaing dengan tarif daya listrik per kWh PLN, untuk menghindari segala bentuk risiko yang akan terjadi baik secara alami atau ketenagakerjaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi dan mendapatkan solusi risiko yang mungkin terjadi pada tahap kontruksi PLTM Pongkor. Metode yang digunakan studi pustaka tentang manajemen risiko pada konstruksi Pembangunan Listrik Tenaga Minihidro (PLTM), mengacu pada teori-teori yang relevan dan diperlukannya pendekatan umum terhadap manajemen risiko adalah “three-tiered process” yang mengandung identifikasi risiko, evaluasi atau penilaian risiko, dan prosedur untuk kesepakatan. untuk mengoptimalkan tingkat investasi, serta menyatakan faktor faktor risiko. Dari hasil penelitian ini dapat diharapkan solusi atau penilaian risiko untuk menhindari biaya, mutu atau kualitas yang mungkin terjadi pada tahap konstruksi PLTM Pongkor.

Full Text:

PDF

References


Duffield, C & Trigunarsyah, B. 1999.Project Management-Conception to Completion.Engineering EducationAustralia. (EEA). Australia.

Dwiyanto, V., Indriana, D.,K., dan Tugiono, S., 2016, Analisis Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Studi Kasus : Sungai Air Anak (Hulu Sungai Way Besai), JRSDD, Edisi September 2016, Vol. 4, No. 3, Hal:407 – 422 (ISSN:2303- 0011), Universitas Lampung, Lampung.

Ervianto W.,I., 2005, Manajemen Proyek Konstruksi, Andi, Yogyakarta.

Flanagan, R., & Norman, G.1993, Risk Management and Construction, Blackwell Science, London.

I. Namara, DM Hartanto, AD Rarasati, 2017. Risk Analyze : Management Water Quality Cisadane River By Project Approach, Malaysian Journal Of Industrial Techonology, Volume 2, No.2.

Kangari, R., 1995. Risk Management Perceptions and Trends of U.S.Construction. Journal of Construction Engineering and Management, ASCE.

Kerzner, H. 2001. Project Management.Seventh Edition. John Wiley &Sons, Inc. New York.

Labombang, M., 2011, Manajemen Risiko Dalam Proyek Konstruksi, Jurnal Smartek, Vol.9 No.1. Tahun 2011.

Mok et al., 1996, Manfaat penerapan manajamen risiko.

PT. Aneka Tambang (Persero), Tbk. 2013, Laporan Akhir Feasibility Study Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM), Pongkor.

Soeharto, I., 1995, Manajemen kontruksi dari konseptual sampaio perasional, Erlangga, Jakarta.

Wideman, Max R., 1992, Project And Program Risk Management: AGuide To Managing Project Risk Opportunities, ProjectManagement Institute, Amerika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ