KAJIAN DAMPAK LINGKUNGAN TERHADAP PROYEK KONSTRUKSI PEMBANGUNAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MINIHIDRO (PLTM) PONGKOR

Doni Prasetyo, Alimuddin Alimuddin

Abstract


Dalam rangka memenuhi kebutuhan energi listrik, ANTAM membangun pembangkit listrik tenaga minihidro dengan memanfaatkan Sungai Cikaniki sebagai sumber energi terbarukan, dalam hal ini lingkungan merupakan aspek penting yang harus diperhatikan dalam setiap pembangunan, baik pembangunan dalam skala kecil maupun besar. Adapun dampak yang ditimbulkan oleh pembangunan sangatlah besar terutama pada saat konstruksi itu dilaksanakan. Maka diperlukan kajian dampak lingkungan yang terjadi pada saat konstruksi tersebut. Adapun tujuan penelitian untuk mendapatkan hasil analisis kajian dampak lingkungan dan sosial ekonomi sekaligus cara penanggulangan dalam meminimalisasi dampak yang terjadi pada saat konstruksi. Metode yang digunakan adalah observasi dan metode skoping untuk mengetahui dampak dan penanganan yang baik terhadap lingkungan. Penelitian ini menggunakan data primer berupa survey lapangan, wawancara dan rona awal lingkungan ditambah oleh data sekunder diantaranya adalah studi kelayakan, dan data pendukung dari perusahaan. Hasil dari penelitian ini diperolehnya suatu analisa dampak lingkungan yang terjadi pada saat konstruksi dan cara untuk meminimalisir dampak dengan penangan yang baik agar terciptanya suatu konstruksi yang ramah lingkungan.

Full Text:

PDF

References


Abdulgani, H. 2011. Analisis Dampak Pengelolaan Dan Pemantauan Lingkungan Hidup Pada Rencana Kegiatan Pembangunan Embung Bubur Gadung Kecamatan Cikedung Kabupaten Indramayu. Jurnal ISSN 1693-7945, Universitas Wiralodra, Indramayu.

Beanlands, G.E. and P.N Duinker. 1983. An Ecological Framework for Enviromental Assessment Studies. Dalhousie University and Federal Enviromental Assessment Review Office, Hull, P.Q.

Cristie, Y.,A., Lasina dan Erawati, R. 2013. Dampak Kerusakan Lingkungan Akibat Aktifitas Pembangunan Perumahan (studi kasus di perumahan palaran city oleh PT.Kusuma Hadi Property). Jurnal Beraja Niti, Volume 2 nomor 11, Samarinda.

Ervianto, Wulfram I. 2005. Manajemen Proyek Konstruksi. Penerbit And, Yogyakarta.

Kayupa, O.,O. 2015. Dampak Sebelum Dan Sesudah Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (Plta) Terhadap Kondisi Sosial Dan Ekonomi Masyarakat Di Desa Sulewana Kecamatan Pamona Utara Kabupaten Poso. e-Jounal Katalogis, Volume 3 nomor 11, Nopember 2015, ISSN: 2302-2019.

Namara, I., D.M. Hartono, A.D. Rarasati, F. L.T. Fadhila Muhammad. 2017. Risk Analyze: Management Water Quality Cisadane River by Project Approach. Malaysian Journal of Industrial Technology (MJTI). Volume 2, No.2, Universiti Kuala Lumpur. Malaysia.

Plessis, D., Chrisna. Edit (2002). Agenda 21 for Suistainable Construction in Developing Countries Pretoria. Capture Press.

Prarasta, E.,Y. dan Khadiyanto, P. 2014. Dampak Proses Pembangunan Terhadap Kondisi Lingkungandi Kecamatan Mijen dan Kecamatan Gunung Pati Semarang. Jurnal Ruang Volume 2 Nomor 2 tahun 2014, Universitas Diponegoro, Semarang.

PT. Aneka Tambang (Persero) Tbk. 2013. Laporan Akhir Feasibility Study Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Pongkor.

Sumarwoto, O. 1997. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Yakin, S.,K. 2017. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) Sebagai Instrumen Pencegahan Pencemaran Dan Perusakan Lingkungan. Badamai Law Journal, Vol 2, Issues 1, Maret 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ