FAKTOR DOMINAN PENGHAMBAT SERTIFIKASI KOPETENSI DALAM PERSEPSI TENAGA TERAMPIL DI SEKTOR KONSTRUKSI

Irika Widiasanti, Agung Fridestu, Anisah Anisah

Abstract


Tujuan sertifikasi kompetensi adalah memberikan pengakuan atas kompetensi yang dimiliki oleh tenaga kerja. Namun, pada sektor konstruksi, tenaga kerja konstruksi yang telah memiliki sertifikat kompetensi kerja masih sedikit dibandingkan dengan jumlah total tenaga kerja konstruksi yang ada di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor utama yang menghambat dalam perolehan sertifikasi kompetensi dalam sudut pandang tenaga kerja konstruksi khususnya tenaga terampil. Penelitian ini menggunakan model kuantitatif dengan analisis deskriptif. Penelitian ini dilakukan di tiga proyek bangunan tingkat tinggi, dengan jumlah responden 129 orang. Rancangan penelitian yang digunakan dalam bentuk survey dengan metode pengumpulan data melalui kuisioner, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor dominan yang menghambat tenaga terampil pemperoleh sertifikasi kompetensi adalah biaya dalam memperoleh sertifikasi kompetensi kerja.

Full Text:

PDF

References


Adi, H. P., & Adillah, S. U. (2012). Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi sebagai Unsur Pendukung Pembangunan Infrastruktur. In Semarang (Ed.), Seminar Nasional Fakultas Teknik Unissula (p. ). Fakultas Teknik Unissula.

Kusantati, H. (2012). Alternatif Pengembangan Model Sertifikasi Kompetensi dan Profesi Guru SMK. In Seminar Internasional APTEKINDO 6, Peran LPTK dalam Pengembangan Pendidikan Vokasi di Indonesia (pp. 291–298). Makasar: FT Universitas Negeri Makasar.

Mulyono, & Haryanto, A. T. (2012). Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru di Kabupaten Boyolali. Transformasi, 51–57.

Sugiyono. (2015). Metode Penellitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sufina, Meri. (2017). Persepsi Badan Usaha Jasa Konstruksi terhadap Kompetensi dan Sikap Lulusan SMK Jurusan bangunan dalam Mengisi Lapangan Kerja pada Jasa Konstruksi di Kota Padang. Jurnal Teknologi, 7(1):94-100.

Toreh, Rien Yolanda. R.; & Wiguna, I Putu Artama. 2015. Perbandingan Peforma Pekerja Konstruksi Dengan dan Tanpa Sertifikat Pelatihan. [Prosiding] Seminar Nasional Manajemen Teknologi 23 Program Studi Magister Teknik Sipil; Surabaya, 1 Agustus 2015. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Widiasanti I, Tamin, R. Z. and Haryanto, D. “Analisa Kompetensi Kerja Mandor dan Tukang Berdasarkan Persyaratan Jabatan Kerja dalam Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia,” Seminar Nasional IX - 2013Teknik Sipil ITS Surabaya, 2013.

Peraturan Mentri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Nomor 24/PRT/M/2014 tentang Pedoman Pelatihan Berbasis Kompetensi Bidang Jasa Konstruksi.

Peraturan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional Nomor 6 Tahun 2017 tentang Sertifikasi dan Registrasi Tenaga Terampil.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ