DESAIN HARDWARE DAN PROTOKOL REMOTE CONTROL PADA TRACKING ANTENNA SYSTEM DENGAN MANUAL TRACKING

Herti Miawarni, Dwi Edi Setyawan, Eko Setijadi

Abstract


Tracking antenna system untuk penerima televisi terrestrial, baik yang memiliki kemampuan auto-tracking maupun manual tracking, keduanya membutuhkan remote control sebagai komunikasi antara pengguna dengan sistem. Pada Tracking antenna system dengan manual tracking, remote control adalah sarana bagi pengguna untuk memberi perintah agar sistem mengetahui kapan harus bekerja untuk melakukan proses tracking dan kapan harus berhenti. Remote control pada tracking antenna system tentu membutuhkan protokol dan desain hardware pendukung yang handal agar komunikasi dari pengguna menuju sistem dapat berjalan dengan lancar. Paper ini mengimplementasikan protokol dan desain hardware pendukung untuk komunikasi antara pengguna dengan sistem. Protokol disusun dengan cara sesederhana mungkin, yaitu dengan memanfaatkan timer counter pada mikrokontroler. Hasil uji coba menunjukkan bahwa protokol yang telah disusun dapat bekerja dengan baik pada prototype. Hal ini dibuktikan dari hasil uji coba pada sisi transmitter. Rerata prosentase kesesuaian antara desain protokol dengan realisasi pada prototype mencapai 93,79 %. Sementara jarak maksimum remote control adalah 14 meter.

Full Text:

PDF

References


Jianjun, L.v., Zhishu, Li., Mingyi, Mao. 2010. A New USB Home Appliances Based on PC And Infrared Remote Control Protocol. International Conference on Computer and Communication Technologies in Agriculture Engineering. Vol. 6, Issue 3.

Jinsoo, H., Intark, H., and Park, K. R. 2008. ZigBee-based IR remote control repeater and its control message frame format. IEEE International Symposium on, Vilamoura, pp. 1-4.

Kumar, S., Nallathambi, M., Nattudurai, S., Selvakumar, P. 2017. Control of Home Appliances Using Point-N-Press Techniques. International Journal of Advanced Research in Electrical, Electronics and Instrumentation Engineering. Vol. 6, Issue 3.

Mandai, K., Miyauchi, K., Sugimoto, M., et al. 1990. An Advanced Infrared Remote Control Sensor. IEEE Transactions on Consumer Electronics. Vol. 36, No. 3: 669-677.

Sai, P.R, Datta, S., Sudheera. 2016. Design of a Smart Remote. IEEE International Conference on Circuit, Power and Computing Technologies. pp. 1-4.

Vishay. 2008. TSOP 34838 Datasheet. Vishay semiconductor. hlm. 121-127.

Vishay. 2014. TSAL 6200 Datasheet. Vishay semiconductor. hlm. 1-4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ