RANCANG BANGUN PENGATURAN TEMPERATUR UDARA PADA KONVEYOR INDUSTRI ELEKTRONIK MENGGUNAKAN KENDALI LOGIKA FUZZY

Riza Samsinar, Hermawan Susanto

Abstract


Kemampuan mesin untuk menggantikan pekerjaan manusia yang membutuhkan kecerdasan telah terbukti pada era sekarang ini. Penerapan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) semakin meluas dan terus berkembang di banyak sektor, salah satunya di bidang industri elektronik. Kendali logika fuzzy merupakan alternatif sistem kendali modern yang mudah karena tidak perlu dicari model matematis dari suatu sistem, tetapi tetap efektif karena memiliki respon yang stabil. Proses logika fuzzy terdiri dari fuzzyfikasi, evaluasi rule, dan defuzzyfikasi, Input setting point dilakukan melalui perangkat lunak seperti matlab. Pada penelitian rancang bangun kendali dengan logika fuzzy digunakan untuk mengontrol kecepatan konveyor, kecepatan yang dipengaruhi dari temperature/suhu dan tekanan udara. Nilai variabel linguistik pada himpunan logika fuzzy dibuat berdasarkan 4 kondisi output pada kecepatan konveyor yaitu agak lambat, lambat, agak cepat dan cepat. fuzzy if-then rules yang terdiri dari atas 9 buah rule hasil dan 7 buah rule input yang terdiri dari 3 rule tekanan udara dan 4 rule temperatur. Aplikasi dikembangkan dengan perangkat lunak matlab dengan hasil output dengan range 60 – 100 tekanan udara dan temperature, sehingga dapat mengetahui kecepatan konveyor pada setiap pergerakannya.

Full Text:

PDF

References


Bima Harimurti, Ari Sulistiono, Eko Sigit Prayogo. 2010. Rancang Bangun Sistem Scada Proses Kontrol Industri Menggunakan Kendali Logika Fuzzy (Desain Software Dan Hardware). Jurnal PS Teknik Listrik, Jurusan Teknik Elektro,

D.Z. Zhao C.W. Li J. Ren. 2009. Speed synchronisation of Multiple Induction Motors With Adjacent Cross-Coupling Control. IET Control Theory Appl., 2010, Vol. 4, Hal. 19–128.

Andrzej Smolarz, Waldemar Wójcik, Konrad Gromaszek. 2012. Fuzzy modeling for optical sensor for diagnostics of pulverized coal burner. Procedia Engineering 47, Hal 1029 – 1032.

Iksal, Saefudin, Ilham Aswad. 2015. Rancang Bangun Sistem Pengendali Suhu Ruangan Menggunakan Fuzzy Logic. Ethos (Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat): Hal 207-212.

Syechu Dwitya N, Doni Priambodo ,Anang Tjahjono, Joke Pratilastiarso. 2011. Rancang Bangun “Building Automation System” Dengan Menerapkan Kontrol Logika Fuzzy Untuk Mendapatkan Efisiensi Daya Dari Beban Kipas Angin, Lampu Dan Air Conditioner. Electronic Engineering Polytechnic Institute of Surabaya (EEPIS).

Vladimír Cviklovi č, Martin Olejár, Dušan Hrubý, Zuzana Palkov á, Ondrej Lukáč, S. 2016. Navigation Algorithm Using Fuzzy Control Method. Acta Technologica Agriculturae 1, Hal. 19-23


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ