KONSERVASI LINGKUNGAN MELALUI PERENCANAAN TEMPAT PENGOLAHAN SAMPAH TERPADU BERBASIS KOMUNITAS

Gita Puspa Artiani, Indah Handayasari

Abstract


Tempat Pembuangan Akhir (TPA) merupakan salah satu kebutuhan dasar dalam pengelolaan sampah, sehingga keberadaannya sangat diperlukan.  Namun demikian, semakin berkembangnya suatu daerah yang artinya kebutuhan lahan sebagai penunjang aktivitas manusia semakin tinggi menyebabkan fungsi lahan diberbagai daerah pun mulai banyak berubah. Hal ini berakibat sulitnya mendapatkan lahan TPA terutama di daerah perkotaan karena terbatasnya lahan yang tersedia. Kondisi ini mendorong peneliti untuk melakukan penelitian dalam memberikan alternatif penanganan pengelolaan sampah secara terpadu dengan model pengelolaan penanganan sampah yang diterapkan yaitu pengelolaan sampah berbasis komunitas, dimana sistem penanganan sampah yang direncanakan, disusun, dioperasikan, dikelola dan dimiliki oleh perusahaah/institusi itu sendiri, namun tetap melibatkan peran serta masyarakat dilingkungan perusahaan/institusi. Pada penelitian ini direncanakan tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) untuk mereduksi sampah dengan fasilitas pembuatan kompos dan pengemasan barang lapak yang masih dapat didaur ulang serta instalasi mini pembangkit tenaga listrik tenaga biomassa dilingkungan STT-PLN Jakarta sebagai salah satu cara konservasi lingkungan melalui pengelolaan sampah terpadu berbasis komunitas, yang juga pada akhirnya bertujuan untuk kemandirian masyarakat dilingkungan sekitarnya dalam mempertahankan kebersihan lingkungan melalui pengelolaan sampah yang ramah lingkungan secara terpadu dan memanfaatkan nilai ekonomi dari sampah yang dihasilkan. Berdasarkan perencanaan tempat pengelolaan sampah terpadu (TPST) yang telah dilakukan menunjukkan bahwa anggaran biaya yang dibutuhkan dalam pembangunannya adalah sebesar Rp. 165.013.836,- 


Full Text:

PDF

References


Badan Standarisasi Nasional – BSN, 1995, Metode Pengambilan dan Pengukuran Contoh Timbulan dan Komposisi

Sampah Perkotaan, SNI 19-3964-1995, LPMB, Bandung.

Dermasetiawan .M, 2004, Perencanaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA), Jakarta.

Direktorat Jendral Cipta Karya, 2008, Pedoman 3R Berbasis Masyarakat Di kawasan Pemukiman , Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Jaya .T.B, Yulinah .T, 2008, Kajian Pengadaan dan Penerapan Tempat Pengeloaan Sampah Terpadu (TPST) di TPA Km.14 Kota Palangkaraya , Jurnal, FTSP ITS, Surabaya.

Zaman .B, syarifudin, Diah .P, 2008, Detail Engineering Tempat Pembuangan Akhir Reginal Pekalongan , Jurnal Volume 29 n0.3, UNDIP, Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ