STUDI KEBUTUHAN DAN SUPLAI GAS UNTUK TRANSPORTASI DENGAN TEKNOLOGI LCNG UNTUK SUPLAI ENERGI DI JALUR TRANSPORTASI AKARTA – CIKAMPEK : STUDI KASUS BEKASI DAN KARAWANG

Haryadi Wibowo

Abstract


Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi pada wilayah Jakarta dan Jawa Barat menyebabkan meningkatnya kebutuhan akan bahan bakar minyak. Oleh karena itu, Program konversi bahan bakar minyak menjadi bahan bakar gas di jalur transportasi antara Jakarta dengan kota disekitarnya diperlukan untuk mengantisipasi kebutuhan bahan bakar minyak yang semakin tinggi. Salah satu area sekitar Jakarta yang memiliki permintaan bahan bakar minyak yang cukup besar adalah area Bekasi dan Karawang. Hal tersebut dapat dilihat dari total jumlah kendaraan pada tahun 2014 sebesar 2,97 juta unit. Dalam penelitian ini dilakukan kajian penerapan stasiun LCNG untuk suplai Energi di jalur transportasi Jakarta dengan Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Karawang yang difokuskan pada kendaraan roda empat atau lebih yang memiliki persentase sebesar 15% dari total kendaraan. Diestimasi kebutuhan bahan bakar gas untuk ketiga wilayah dengan nilai konversi kendaraan yang beralih dari bahan bakar fosil sebesar 5% tersebut adalah sebesar 474,853Lsp per hari atau sekitar 16.62 MMSCFD. Dengan kuantitas kebutuhan permintaan gas tersebut, maka untuk area Bekasi dan Karawang dapat disuplai kebutuhan selama 186 hari oleh FSRU (Floating Storage & Regasification Unit) berkapasitas 147,500 M3 oleh sumber gas yang berasal dari Bontang.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Zaenal. (2010). Analisis Potensi Penggunaan Bahan Bakar Gas Untuk Sektor Transportasi Di DKI Jakarta. Tesis Departemen Teknik Kimia, Fakultas Teknik. Jakarta: Universitas Indonesia.

Afdal (2009). Kajian Pembangunan Terminal Penerima Gas Alam Cair Di Pulau Jawa. Departemen Teknik Kima: Universitas Indonesia.

Agus Sugiyono. (1999). Permintaan dan Penyediaan Energi Berdasarkan Kondisi Perekonomian di Indonesia dengan Menggunakan Model Nonlinear Programming. Analisis Sistem No. 13 Tahun VI.

Baskoro, Wursito Adi. (2009). Kajian Pengaruh Pembangunan Jetty Terhadap Kapasitas Sungai Muara Way Kuripan Kota Bandar Lampung. Tesis Teknik Sipil. Semarang: Universitas Diponegoro.

Foss, Michelle Michot. (2007). Intoduction to LNG : An Overview on Liquified Natural Gas (LNG), its properties, organization of LNG industry and Safety Consideration. Center of Energy Economics. Texas: The University of Texas.

Habibullah, Arif., Lardi, Peter., & Passmore, Matthew. (2009). LNG Conceptual Design Strategies. Worley Parson: Resources & Energy.

Hartanto, Agus. (2010). Kajian Kebijakan Konversi Dari BBM Ke BBG Untuk Kendaraan Di Provinsi Jawa Barat. Jakarta: LIPI.

Indonesia, Bank. (2012). Kajian Ekonomi Regional Provinsi Jawa Barat 2012.

Iqro, Muhammad Adam., Dinariyana, A.A.B., & Ardana, Ketut Buda Artana. (2012). Kajian Perencanaan Gas Handling System dan Transportation System : Studi Kasus Distribusi di Bali. Jurnal Teknik ITS Vol. 1, ISSN:2301-9271.

Mackey, Mike. (2002). Steps to Building an LNG/LCNG Fueling Station. General Physics

Markey, Mike. (2012). Designing Retail LNG/LCNG stations. GP Strategies Corp.

Novi. (Maret 25, 2012). http://www.neraca.co.id/2012/03/25/harga-cng-belum-jelas-rencana-pembangunan-spbg-bakal-terganggu/

Nugroho, Hanan., Satria, Edi., & Sikumbang, Nafrizal. (2006). Transporting Natural Gas from East Kalimantan to Java : Why did we choose a pipeline option?. Journal of the Indonesian Oil and Gas Community. ISSN : 1829 – 9466.

Nugroho, Yusuf. (2008). Pengembangan Model Untuk Memperkirakan Kinerja Keselamatan Jalan Tol Menggunakan Model Kombinasi Regresi Linier dan Estimasi Bayes. Tesis. Departemen Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Jakarta: Universitas Indonesia

Oscarino, Yohanes., Dinariyana, A.A.B., & Artana, Ketut Buda. Distribusi Gas Alam Cair (LNG) Dari Kilang Menuju FSRU Untuk Pemenuhan Kebutuhan Pembangkit Tenaga Listrik Di Indonesia Melalui Pendekatan Simulasi. Teknik Perkapalan. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November

Shukia, Pranay. (2011). LNG Shipping Insight. Drewry Shipping Consultant.

Sugeng. (2012). Kajian Ekonomi Regional Provinsi DKI Jakarta Triwulan III. Bank Indonesia. Grup Kebijakan Moneter.

Susanti, Vita, et al., ed. (2011). Kebijakan Program Konversi Dari BBM ke BBG Untuk Kendaraan Di Provinsi Jawa Barat. Jakarta: LIPI Press.

Standar For CNG Filling Station. GE – 1-118. 1992.

StarLNG. (2010). The Leading small-to-mid scale standard LNG Plant. The Linde Group.

Sitorus, Tulus Burhanudin. (2002). Tinjauan Pengembangan Bahan Bakar Gas Sebagai Bahan Bakar Alternatif. Fakultas Teknik Mesin USU. USU Digital Library.

Sugiarto, Bambang. (2000). Penggunaan LPG dan CNG pada Kendaraan Bensin Kendala Teknis dan Ekonomis. Studi Uji Emisi Kendaraan di Lingkungan UI Depok 1999, Jurnal Teknologi Edisi No. 1/Tahun XIV/Maret 2000.

Songhusrt, Brian. (2009). FLNG & FSRU Economics : Can They be Profitable developments at Currernt LNG Price. Energy And Power Consultant.

Sumastuti, AM. Keunggulan NPV Sebagai Alat Analisis Uji Kelayakan dan Penerapannya.

Syarif, Kasman. (2011). Analisis Kelayakan Usaha Produk Minyak Aromatik Merek Flosh. Program Alih Sarjana Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Bogor: Institute Pertanian Bogor.

Triputra, Verry Agus. (2011). Kajian Teknis Konversi Tanker Menjadi FSU, Studi Kasus : FSU Belida. Teknik Perkapalan. Surabaya: Institut Sepuluh Nopember.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ