MODIFIKASI PERMUKAAN PRECIPITATED CALCIUM CARBONATE (PCC) DENGAN COATING AGENTS ASAM STEARAT DAN GAMA MERCAPTOSILANE SEBAGAI REINFORCING FILLER PADA PEMBUATAN KOMPON KARET

Ummul Habibah Hasyim

Abstract


Precipitated Calcium Carbonat (PCC) merupakan salah satu bahan pengisi (filler) karet bukan berwarna hitam. PCC yang telah dikembangkan merupakan filler semi reinforcing. Agar PCC dapat ditingkatkan menjadi PCC Reinforcing Filler maka diperlukan perlakuan terhadap permukaan filler PCC dengan memberikan coating agents. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai kondisi proses terbaik dalam modifikasi permukaan filler PCC dari PCC sebagai semi reinforcing filler menjadi PCC Reinforcing filler, dengan identifikasi keberhasilan distribusi ukuran partikel, luas permukaan, porositas. Metode modifikasi permukaan diawali dengan menghilangkan kontaminan dan kadar air PCC dalam oven. Kondisi operasi proses pemanasan PCC pada suhu 100°C dan waktu pemansan 1jam.PCC yang telah dihilangkan kontaminan dan difluidisasi di campurkan dengan coating agent dalam mixer dengan konsentrasi coating agents 1% s/d 5% dan berat PCC 75g. Coating agents yang digunakan adalah asam stearat (CH3(CH2)16COOH) dan gama mercaptosilane(HSC3H6Si(OCH3)3). PCC yang telah di mixing difluidisasi kembali untuk mendapatkan pencampuran maksimal selama 1 jam. Modifikasi permukaan PCC tidak mengubah secara signifikan terhadap luas permukaan total partikel PCC, porositas dan distribusi ukuran artikel. Penambahan caoting agents 1-5% tidak dapat memberikan lapisan coating yang utuh. Hanya sebagian permukaan partikel yang terlapisi menjadi bagian permukaan PCC yang lebih aktif yang meningkatkan penguatan vulkanisat karet. Asam stearat berpengaruh meningkatkan kuat tarik, ketahanan sobek, dan kekerasan karet. Sedangkan gama mercaptosilane berpengaruh meningkatkan ketahanan kikis.


Full Text:

PDF

References


Ansarifar, A., Azhar, A., Ibrahim, N., Shiah, S.F., dan Lawton, J.M.D., 2004, The Use Of Silanised Silica Filler To Reinforce And Crosslink Natural Rubber, International Journal of Adhesion & Adhesives, 25, 77-86.

API, 2009, Silanes Coupling Agents, Advance Polymer Inc, USA.

Barlow, F.W., 1993, Rubber Compouding : Principles, Materials, and Techniques, 2nd edition, Marcel Dekker, Ohio.

Franta, I., 1989, Elastomers and Rubber Compounding Materials, Elsevier, New York.

Herminiwati, 1997, Aspek Mekanik Penggunaan Karbon Aktif Tempurung Kelapa Sebagai Bahan Pengisi Sol Sepatu Olahraga, Thesis S-2, Program Pasca Sarjana, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Hoffman, W., 1989, Rubber Technology Handbook, Hanser Publisher, Munich, Vienna, New York.

Kirk, R.E., and Othmer, D.F., 1981, Encyclopedia of Chemical Technology, John Wiley & Sons., Inc., New York

Kirk, R.E., and Othmer, D.F., 1982, Encyclopedia of Chemical Technology, John Wiley & Sons., Inc., New York.

Kunii, D. and Levenspiel, O., 1969, Fluidization Engineering, John Wiley and Sons, New York.

Maurya, G.P., 1981, Fiber Technology and Manufacture, Small Business Publication, New Delhi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ