PERBANDINGAN KINERJA PELUMAS MOTOR SKUTIK MINERAL DAN SINTETIK PADA UJI JALAN SAMPAI 6000 KM

Rini Siskayanti

Abstract


Pelumas atau yang biasa disebut dengan oli adalah zat kimia, yang umumnya cairan yang diberikan diantara dua benda bergerak untuk mengurangi gesekan. Kebutuhan akan pelumas di Indonesia saat ini terus meningkat seiring dengan berkembangnya teknologi kendaraan bermotor terutama motor skutik.  Pelumas berkualitas rendah apabila digunakan didalam mesin akan mudah rusak atau terdekomposisi, sehingga akan berkurang daya lumasnya. Oleh karena itu perlu dibuktikan kinerja pelumas baik mineral maupun sintetik dengan uji jalan.    Pada penelitian ini dilakukan uji coba (road test) terhadap dua sampel pelumas motor matic SAE 10W-30, API SL JASO MA dengan perbedaan bahan dasar mineral dan sintetik dan additive yang sama. Road test dilakukan sampai 6000 km selama 15 hari perjalanan Jakarta-Bandung. Dari hasil road test menunjukkan  penurunan viscositas dan nilai TBN yang cukup stabil.  Kandungan wear metal sangat baik, tidak ada kerusakan komponen dan konsumsi pelumas sedikit. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja pelumas mineral sebanding dengan pelumas sintetik apabila ditambahkan dengan additive yang berkualitas dan pemakaian pelumas sesuai rekomendasi pembuat motor.

Full Text:

PDF

References


Arisandi., Darmanto & Priangkoso, T. 2012. Analisa Pengaruh Bahan Dasar Pelumas Terhadap Viskositas Pelumas dan Konsumsi Bahan Bakar, Jurnal Momentum, vol.8 No.1, hal 56-61. Semarang : Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim, .

Arismunandar, Wiranto. 2005. Penggerak Mula : Motor Bakar Torak. Bandung : Penerbit ITB

Fitch, J., Troyer, Drew 2010. Oil Analysis Basics, second edition, Noria Corporation, Oklahoma : USA

Maimuzar, Oong. 2010. Pengaruh pencampuran Oil Treatment dengan Minyak Pelumas terhadap Konsumsi Bahan Bakar pada Motor Bensin. Padang : Jurusan Teknik Mesin Unand

Ojinnaka, 2008. High Temperature Oxidation Stability of automotive Crancase Oils and Their Base Oils, Jurnal Tribology International, Vol 23

Supraptono. 2004. Bahan Bakar dan Pelumas. Semarang : Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang

Yubaidah. 2008. Moitoring Kualitas Mesin Otomotif. Jakarta : Jurnal Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Petra.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ