EVALUASI PENATAAN PERABOTAN SECARA ERGONOMI BERDASARKAN POLA AKTIVITAS PENGGUNA RUANG (Studi Kasus : Ruang Baca Dewasa Perpustakaan Daerah Kalimantan Tengah)

David Ricardo, Dimas Kharisma

Abstract


Penelitian ini merupakan salah satu cara untuk mengevaluasi penataan perabotan secara ergonomi. Pentingnya perpustakaan sebagai suatu tempat sumber dari pengetahuan tentunya perlu suatu kondisi yang nyaman untuk memfasilitasi kegiatan didalamnya baik diperuntukan untuk pegawai perpustakaan maupun pengunjung yang menggunakan ruangan tersebut. Ruang baca dewasa merupakan ruangan yang paling banyak diakses pada Perpustakaan Daerah Kalimantan Tengah dengan tingkat kenyamanan berdasarkan penataan perabotan akan menjadi faktor yang menentukan penting. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara dan studi literatur yang kemudian dianalisis sehingga mendapat suatu perbandingan antara penataan yang ada dengan standar penataan perabotan yang ergonomis berdasarkan pola aktivitas yaitu aktivitas karyawan dan pengunjung. Hasil akhir dari penelitian ini adalah adanya rekomendasi penataan perabotan ruangan yang ergonomis sesuai dengan kondisi aktivitas didalamnya.


Full Text:

PDF

References


Anugrah, Dexa & Ardoniz. 2013. Penataan Ruangan di Perpustakaan Umum Kota Solok. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, Vol. 1, No. 2: 1-8.

Ching D.K, Francis. 2008. Arsitektur: Bentuk, Ruang, dan Tatanan. Jakarta: Erlangga.

Neufert, Ernest. 2002. Data Arsitek Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Panero, Julius & Zelnik, Martin. 1979. Dimensi Manusia & Ruang Interior. Jakarta: Erlangga.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Katalog Dalam Terbitan. 2006. Pedoman Umum Penyelenggaraan Perpustakaan Khusus. Jakarta: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Katalog Dalam Terbitan. 2009. Pedoman Tata Ruang dan Perabot Perpustakaan Umum. Jakarta: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. 2011. Profil Perpustakaan Umum Provinsi dan Kabupaten/Kota Se-Indonesia. Jakarta: Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan.

Suptandar, Pramudji. 1999. Disain Interior: Pengantar Merencana Interior untuk Mahasiswa Arsitektur. Jakarta: Djambatan.

Swasty, Wirania. 2010. Merancang Rak Buku Kreatif. Jakarta: Griya Kreasi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ