BATA HIAS CANGKANG : WUJUD MATERIAL RAMAH LINGKUNGAN DALAM ARSITEKTUR HIJAU

Muhammad Rijal, Ardiansyah Ardiansyah

Abstract


Sudah banyak penelitian yang memanfaatkan limbah kelapa sawit sebagai bahan pengisi batako, dan hasilnya cukup memuaskan. Namun dalam proses nyata, usaha ini terbilang rumit, baik dari segi minimnya pemahaman tentang alur produksi, peraturan tentang batasan bahan baku, hingga upaya peningkatan nilai batako menjadi komoditi yang bisa diandalkan dalam dunia konstruksi selain batu bata. Akibatnya hanya segelintir pelaku usaha kecil yang ingin berkecimpung dalam upaya pemanfaatan limbah hasil pengolahan CPO, padahal limbah yang dihasilkan dari proses pengolahan CPO ini sangat berlimpah. Tujuan dari penelitian ini adalah merumuskan strategi yang tepat dalam upaya peningkatan nilai bata hias cangkang sebagai material ramah lingkungan dalam khazanah arsitektur hijau. Metode pendekatan penelitian yang dilakukan pada prinsipnya merupakan pendekatan kualitatif. Namun Instrumen yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut menggunakan analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa faktor material baku, teknik dan teknologi pengolahan, pendistribusian dan pemasaran, kelembagaan, peruntukan dalam desain arsitektur, serta prinsip Arsitektur hijau, merupakan hal yang harus diperhatikan dalam merumuskan strategi peningkatan nilai bata hias cangkang sebagai komoditi.


Full Text:

PDF

References


Alamsyah. Armada & Razali. 2013. Studi Formulasi Campuran Dan Metode Pemadatan Beton Ringan Arang Cangkang Sawit Sebagai Bahan Batako. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Industri dan Teknologi, Desember 2013.

Creswell, J.W. 2008. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: Sage Publications, Inc.

Olson, E, G. 2008. Creating An Enterprise-Level ‘‘Green’’ Strategy. Journal Of Business Strategy. Vol. 29, No. 2.

Suhartini. 2012. Analisa SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Perusahaan. Jurnal Matrik. Vol. XII, No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ