KAJIAN PRINSIP UNIVERSAL DESIGN YANG MENGAKOMODASI AKSESIBILITAS DIFABEL STUDI KASUS TAMAN MENTENG

Authors

  • Fika Masruroh Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Lily Mauliani Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Anisa Anisa Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Difabel masih dinomorduakan dalam hal pemenuhan kebutuhan aksesibilitas baik di dalam bangunan maupun di luar bangunan. Banyak fasilitas umum yang hanya sedikit menyediakan akses dan fasilitas sesuai dengan kemampuan khusus mereka. Bahkan ruang terbuka hijau berupa taman kotapun masih belum ramah terhadap keberadaan para difabel. Padahal taman kota menurut Undang-Undang Penataan Ruang no. 24 tahun 1992 merupakan tempat yang cukup penting yaitu sebagai tempat bermain aktif untuk anak-anak dan dewasa, tempat bersantai pasif untuk orang dewasa, dan bahkan sebagai areal konservasi lingkungan hijau. Penelitian ini bertujuan menganalisa bagaimana implementasi 7 Prinsip Universal Design pada Taman Menteng.

Author Biographies

Fika Masruroh, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Arsitektur

Lily Mauliani, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Arsitektur

Anisa Anisa, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Arsitektur

References

Burgstahler, Sheryl Ph.D, 2012. Universal Design of Instruction (UDI): Definition, Principles, Guidelines, and Examples. Seattle : University Of Washington.

Laurie, Michael, 1984. Pengantar Kepada Arsitektur Pertamanan (Terjemahan).Bandung: Intermatra.

Suparno, dkk. 2007. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

http://blontankpoer.my.id/2010/06/13/disability-dan-difability/ (15 Mei 2013)

http://cakfu.info/2008/01/difabel/ (17 Mei 2013)

http://kurniasihmufidayati.blogspot.com/2010/02/differently-abled-difable-atau difabel.html (15 Mei 2013)

http://www.universaldesign.com/about-universal-design.html (9 Mei 2013)

http://universaldesign.ie/exploreampdiscover/the7principles (9 Mei 2013)

http://www.worldbuildingsdirectory.com/project.cfm?id=3047 (20 Mei 2013)

Downloads

Published

2015-11-26

Issue

Section

Articles