MENGOPTIMALKAN PENGGUNAAN ENERGI SURYA DAN ANGIN UNTUK MENGURANGI KETERGANTUNGAN BBM PADA BAGAN TETAP DI KEPULAUAN BANGKA-BELITUNG

Yudhi Yudhi, Aan Febriansyah

Abstract


Bahan bakar minyak merupakan suatu hal yang tidak bisa terlepas dari kehidupan manusia, dengan bahan bakar manusia bisa melakukan aktivitas terutama untuk kehidupan sehari-hari. Dengan mulai melipis cadangan minyak membuat para peneliti untuk mencari bahan alternatif lain untuk keperluan sehari-hari, salah satu contohnya untuk menyalakan lampu serta peralatan lainnya. Dengan menggunakan metode survey ke masyarakat terutama pada masyarakat pesisir yang sehari-hari sebagai seorang nelayan, maka dengan penelitian ini kita mengembangkan sebuah alat yang bisa menggunakan energi surya dan angin sebagai energi alternatif sebagai pengganti BBM sebagai sumber energi listrik, dengan menggunakan solar cell dan turbin angin energi listrik dapat dihasilkan sebesar 250 s/d 500 watt,sebagai sumber mengisian battery. Setalah menghasilkan daya, maka alat teresbut akan masuk ke inverter yang merubah daya DC menjadi AC yang kemudian akan kita gunakan sebagai sumber penerangan di bagan tetap di daearah kepualauan Bangka-Belitung. Dengan menggunakan peralatan ini kita dapat menghemat BBM sebesar ± 50% .

Full Text:

PDF

References


Beale Mark Hudson,Martin T. Hagan,Demuth Howar B 2011. Neural Network Tool Box 7 User’s Guide..

Hydro-Quebec, 2011, SimPowerSystem 5 User’s Guide.

Ian Woo Fenden, 2009, Wind Power For Dummles,Wiley,Indianapolis.

Kamal Rashad M.,Nagasaka Ken,2010, A Novel Multi-Model Neuro-Fuzzy Based Mppt for Three-Phase Grid-Connected Photovoltaik System,Solar Enegy, Volume 84,Issue 12,Page 2219-2229.

Olimpo Anaya Lara,Nick Jenkins,Janaka Ekanayake,Phill Cartwrigth, Mike Hugnes, 2009, Wind Energy Generator, Modelling and Control,jonh wily & Sons.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ