KAJIAN ASPEK EKONOMIS PENGGUNAAN HEAT PUMP SEBAGAI PEMANAS ALTERNATIF PADA KANDANG PETERNAKAN AYAM BROILER SISTEM TERTUTUP

Evi Sofia, Abdurrachim Abdurrachim

Abstract


ABSTRAK

            Anak ayam yang berumur satu hari sampai empat belas hari (masa brooding) dalam pemeliharaannya  memerlukan temperatur  berkisar antara 29°C – 32°C. Untuk menjaga temperatur  tersebut digunakan pemanas ruangan berbahan bakar LPG. Untuk memanaskan kandang dengan kapasitas 15.500 ekor  selama 14 hari diperlukan  LPG seberat 12 kg sebanyak 60 tabung. Ketersediaan  LPG dan mahalnya harga LPG tersebut yang  melatar belakangi  kajian ini. Pemilihan heat pump sebagai pengganti pemanas kandang ayam pada masa brooding didasarkan  pada beberapa pertimbangan yaitu ; lebih aman, tahan lama, tidak menimbulkan polusi udara, panas yang dihasilkan lebih stabil dan terfokus dan temperaturnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Di beberapa negara penggunaan heat pump dengan fluida kerja air dari tanah (Ground Source Heat pumps/GSHP) banyak digunakan sebagai pemanas kandang ayam. Akan tetapi penggunaan heat pump dengan sistem kompresi uap masih belum ditemui. Kajian ini juga mencoba membandingkan biaya bila Heat pump dengan sistem kompresi uap tersebut digunakan sebagai pemanas kandang ayam. Kajian diawali dengan pemilihan heat pump , perhitungan ducting dan analisis biaya. Dari hasil kajian ini menunjukkan bahwa penggunaan heat pump memberikan  penghematan biaya operasional  sebesar 61 % dibandingkan dengan penggunaan pemanas dengan berbahan bakar LPG.


Full Text:

PDF

References


Livestockreview.com,(2012): Telur dan Daging Ayam Tingkatkan Gizi dan Prestasi Bangsa.

Incropera, F.,P.,Dewitt, D.,P., (1990): Introduction to Heat Transfer 3rd Edition, John Wiley & Sons, New York.

Moran, M.,J.,(2002): Introduction to Thermal System Engineering , John Wiley & Sons.

A. Yania, H. Suhardiyanto, Erizal, & B. P. Purwanto,(2014): Design of Stocking Density of Broiler for Closed House in Wet Tropical Climates, Media Peternakan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ