PENGARUH METHANOL KADAR TINGGI TERHADAP PERFORMA DAN EMISI GAS BUANG MESIN BENSIN DENGAN SISTEM EGR PANAS

Ahmad Syarifuddin, MSK. Tony Suryo Utomo, Syaiful Syaiful

Abstract


Pertumbuhan kendaraan bermotor di Indonesia tiap tahun meningkat tajam, mengakibatkan konsumsi bahan bakar minyak dan emisi gas buang meningkat. Konsumsi bahan bakar minyak meningkat mengakibatkan cadangan bahan bakar fosil menipis. Methanol merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif yang diharapkan dapat menggantikan bahan bakar fosil, karena dapat diperbarui dan ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan bakar campuran premium dan hight purity methanol (HPM) dengan sistem  Exhaust Gas Recirculation (EGR) panas  terhadap performa dan emisi gas buang pada mesin bensin 4 silinder, 16 katup, sistem Electronic fuel injection. Sebuah dinamometer untuk mengukur daya mesin dan sebuah gas analiser untuk mengukur emisi gas buang. Pengambilan data dengan eksperimen secara langsung menggunakan bahan bakar campuran premium-HPM M0 (premium 100%, methanol 0%), M5(premium 95%, methanol5%), M10(premium 90%, methanol 10%) dan M15(premium 85%, methanol 15%). Eksperimen dilakukan pada variasi putaran mesin 2500 rpm, 3000  rpm, 3500 rpm dan 4000 rpm, beban ditetapkan 25% dan bukaan katup EGR  0% dan 7%. Analisa data dengan membandingkan bahan bakar campuran premium-methanol pada sistem EGR panas dengan premium murni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dengan  pemakaian bahan bakar campuran methanol mengakibatkan kenaikan nilai brake torque dan brake power. Brake thermal efficiency naik tertinggi sebesar 10,36% pada M15 tanpa EGR  putaran mesin 3000 rpm. Sedangkan Brake Specific Fuel Consumption turun sebesar 4,45% pada putaran mesin 2500 rpm untuk M15 dengan EGR. Dengan penambahan EGR menyebabkan temperatur gas buang turun.  Emisi gas buang turun untuk CO dan HC, sedangkan CO2 terjadi kenaikan dibandingkan dengan premium murni, hal ini mengindikasikan bahwa pembakaran terjadi sempurna.

Full Text:

PDF

References


Chijen Yang, R.B. Jackson, 2012 “Communication: China’s growing methanol economy and it simplications for energy and the environment”, Elsevier, Energy Policy, 41, pp. 878–884.

H. Chen, Yanga L., Zhanga P., Li J., Geng L., Ma Z.,2014 “Formaldehyde emissions of gasoline mixed with alcohol fuels and influence factors”, JJMIE, China, Vol. 8 No. 2, pp. 76 – 80.

J. Cha, J. Kwon, Y. Cho, S. Park, 2001 “The effect of exhaust gas recirculation (EGR) on combustion stability, engine performance and exhaust, emissions in a gasoline engine”, KSME International Journal, Korea, Vol. 15 No. 10, pp. 1442 -1450.

J. B. Heywood, 1988 “Internal combustion engine fundamental”, By Mc. Graw-Hill.

L. Shenghua, E. R. Cuty Clemente, H. Tiegang, W. Yanjv, 2007 “ Study of spark ignition engine fueled with methanol/gasoline fuel blends,” Elsevier, Applied Thermal Engineering, 27, pp. 1904–1910.

H. Wei, T. Zhu, G. Shu, L. Tan, Y. Wang, 2012 “Gasoline engine exhaust gas recirculation - a review,” Elsevier, Applied energy, 99, pp. 534–544.

L. Sileghem, A. Coppens, B.Casier, J. Vancoillie, S. Verhelst, 2014 “ Performance and emissions of iso-stoichiometric ternary GEM blends on a production SI engine,” Elsevier, Fuel, 117, pp. 286–293.

A. Ibrahim, S. Bari, 2010 ”An experimental investigation on the use of EGR in a supercharged natural gas SI engine”, Elsevier, Fuel 89, pp. 1721-1730.

Simeon Iliev, 2015 “ A comparison of ethanol and methanol blending with gasoline using a 1-D engine model”, Elsevier, Procedia Engineering, volume 100, pp. 1013-1022.

A.K. Agarwal, H. Karare, A. Dhar,2014 “Combustion, performance, emissions and particulate characterization of a methanol–gasoline blend (gasohol) fuelled medium duty spark ignition transportation engine,” Elsevier, Fuel Processing Technology, 121, pp. 16–24.

M. Eyidogan, A. N. Ozsezen, M. Canakci, A. Turkcan, 2010 “ Impact of alcohol-gasoline fuel blends on the performance and combustion characteristics of an SI engine”, Elsevier, Fuel, volume 89, pp. 2713-2720.

Z. Zhang, H. Zhang, T. Wang, M. Jia, 2014 “ Effect of tumble combined with EGR (exhaust gas recirculation) on the combustion and emissions in a spark ignition engine at part loads”, Elsevier, Energy, volume 65, pp. 18-24.

M.K Balki, C. Sayin, M. Canakci,2014 “The effect of different alcohol fuels on the performance, emission and combustion characteristics of a gasoline engine,” Elsevier, Fuel, 115, pp. 901–906.

M. Canacki, A.N. Ozsezen, E. Alptekin, M. Eyidogan, 2013 “Impact of alcohol-gasoline fuel blends on the exhaust emission of an SI engine”, Elsevier, Renewable Energy 52, pp. 111-117.

D. Agarwal, S.K. Singh, A.K. Agarwal, 2011”Effect of Exhaust Gas Recirculation (EGR) on performance, emissions, deposits and durability of constant speed compression ignition engine”, Elsevier, Applied Energy 88, pp. 2900-2907.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ