RANCANGAN STRATEGI PENINGKATAN PRODUKTIIVITAS BERBASIS TOTAL PRODUCTIVE MAINTENANCE DENGAN PENDEKATAN DMAIC SIX SIGMA

Tri Ngudi Wiyatno

Abstract


PT.KKM merupakan salah satu perusahaan produsen keramik genteng berglazur yang terkemuka di Indonesia,. Dalam usaha untuk mempertahankan mutu dan meningkatkan produktifitas, salah satu faktor yang harus diperhatikan adalah masalah perawatan fasilitas/mesin produksi. Penelitian ini membahas mengenai penyebab dan akibat tidak tercapainya hasil produksi selama proses produksi yang ditimbulkan  oleh Mesin Press . Untuk mendapatkan mesin yang dapat terjaga keterandalannya dibutuhkan suatu konsep yang baik. Total Productive Maintenance (TPM) merupakan sebuah konsep yang baik untuk merealisasikan hal tersebut. Konsep ini, selain melibatkan semua personil dalam perusahaan, juga bertujuan untuk merawat semua fasilitas produksi yang dimiliki perusahaan.Data yang digunakan merupakan data breakdown yang terjadi di Mesin Press selama bulan Januari-Desember 2014. Parameter yang digunakan dalam mengetahui tingkat produktivitas mesin adalah dengan menghitung nilai OEE dari mesin Press, dengan menggunakan data record selama tahun 2014. Sehingga nantinya akan diketahui informasi keadaan aktual dari mesin tersebut,  Selanjutnya akan dibuat suatu strategi untuk meningkatkan produktivitas berbasis TPM dengan pendekatan DMAIC Six Sigma

Full Text:

PDF

References


Gasper V, 2000, Manajemen Productivitas Total, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama

Glueck and Jauch,1989, Business Policy and Strategic Management. New York, (Mcgraw Hill Series in Management.

Herjanto A, 2007, Produktivitas dan Profitabilitas, Jakarta, Penerbit Cakrawala.

Mintzberg, Henry, Bruce Ahlstrand, dan Joseph Lampel. 1998. Strategy Safari: A Gided Tour TrhoughThe Wilds of Strategic Management. New York: The Free Press.

Nakajima, 1988, Introduction to TPM: Total Productive Maintenance (Preventative Maintenance Series) ,Japan, Productivity Press.

Porter, Michael (1990). Competitive Strategy. Harvard Business School Press.

Pande, P. S. (2002). The Six Sigma Way. Yogyakarta: Andi Yogyakarta, Andy Offset

Thomas, A., Barton, R., & Byard, P. (2008). Developing a Six Sigma Maintenance Model. Journal of Quality in Maintenance Engineering, 14(3), 262-271

Tague, Nancy R. (2004). "Seven Basic Quality Tools". The Quality Toolbox. Milwaukee, Wisconsin: American Society for Quality. p. 15. Retrieved 2010-02-05.

.Wakjira, W., & Ajit Pal Singh, M. (2012). Total Productive Maintenance: A case study in Manufacturing Industry. Global Journal of researches in engineering,12(1-G),25-31.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ