ANALISIS PROYEK KONSTRUKSI MENGGUNAKAN CRITICAL CHAIN PROJECT MANAGEMENT DAN LEAN CONSTRUCTION UNTUK MEMINIMASI WASTE

Evi Febianti, Lely Herlina, Aditya Herfaisal

Abstract


PT. ABC merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa konstruksi. Disaat mengerjakan proyek pada PT. XYZ yaitu pembangunan Warehouse MC58-MC62mengalami keterlambatan selama 13 hari dengan target selesai tanggal 30 november 2013 akan  tetapi mundur sampai tanggal 13 desember 2013 sehingga mendapatkan pinalti dari PT. XYZ. Sehingga PT. ABC ini perlu melakukan analisis terhadap permasalahan yang dihadapi. Untuk melakukan analisis digunakan metodecritical chain project management (CCPM)dan konsep lean construction. Dengan tujuan mengidentifikasi dan mengeliminasi non-value added activity, mengidentifikasi perhitungan nilai resiko terhadap waste yang termasuk kategori high risk, merencanakan dan mengendalikan proyek dengan metode CCPM, serta memberikan rekomendasi untuk mengurangi masing-masing potensi resiko.Hasil dari penelitian ini menunjukkanwaste yang sering terjadi yaitu adanya kerusakan pada alat kerja Civil, kontraktor ore prestasi, mutu mesin pompa kurang bagus, keterlambatan datangnya raw material steel structure, dan kondisi permukaan tanah tidak mendukung saat proses excavation. Sehingga menghasilkan high resiko yaitu keterlambatan datangnya raw material steel structure. Dengan metode CCPM didapatkan durasi pengerjaan menjadi lebih pendek menjadi 443 hari dengan waktu kondisi awal 563 hari. Rekomendasi yang dilakukan adalah membuat list yang dibutuhkan serta adanya koordinasi dengan client, melakukan perawatan mesin secara berkala dan adanya pembelian alat kerja baru, selektif dalam memilih kontraktor, pembelian mesin pompa dengan mutu yang bagus, serta perlu dilakukannya dewatering pompa.

Full Text:

PDF

References


Abduh, M. 2007. Konstruksi Ramping: Memaksimalkan Value dan Meminimalkan Waste.Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, Institut Teknologi Bandung.

Dwivedi, U. 2008.Critical Chain Project Management (CCPM).

Heizer, Jay & Render, Barry. 2009. Manajemen Operasi.Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

http://WorkBreakdownStructure.com. diakses pada tanggal 23 Febuari 2014

Nurifansyah, M, 2008. Peningkatan Kualitas Proyek Pembuatan SFO Clean Tanks dengan Metode Pengembangan FMEA menggunakan Konsep Lean dan Root Cause Analysis(Studi Kasus: PT. Adiguna Shipyard & Engginering). TA Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Sulatan Ageng Tirtayasa. Cilegon.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ