Upaya Perbaikan Kinerja Simpang Empat Bersinyal Pada Jalan Duren Tiga Selatan Dengan Metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014

Gita Puspa Artiani, Rizda Azhiary

Abstract


Jalan Duren Tiga Selatan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta merupakan jalan yang cukup ramai karena dikelilingi oleh usaha masyarakat dan termasuk daerah komersil sehingga mengakibatkan terjadinya aktifitas kendaraan yang cukup padat pada jam kerja maupun pulang kerja. Maka penelitian ini dibuat bertujuan untuk memberikan upaya perbaikan kondisi awal sehingga adanya pengurangan konflik yang signifikan di masa yang akan datang, mengetahui tingkat pelayanan lalu lintas, dan mengetahui seberapa besar panjang antrian yang terjadi di setiap lengan pada jam sibuk. Metode yang dipakai untuk melakukan penelitian yaitu dengan mendatangkan secara langsung lokasi yang akan diteliti untuk merekam melalui handphone dan secara manual untuk mendapatkan data volume kendaraan lalu lintas di perempatan tersebut sesuai jam puncak yang terjadi yaitu pukul 06.00 – 09.00 WIB, pukul 11.00 – 13.00 WIB dan juga pukul 16.00 – 19.00 WIB, dimana pengamatan dilakukan dari hari Senin hingga Minggu. Hasil analisis yang didapatkan yaitu pada lengan utara dan selatan nilai DJ 0,98 melebihi syarat ketentuan sehingga perlu adanya upaya perubahan kriteria desain seperti mengubah ketentuan fase isyarat, memperlebar jalur pendekat, dan menerapkan manajemen lalu lintas tertentu disesuaikan dengan kondisi masing-masing lengan sehingga didapatkan alternatif solusi untuk meminimalisir panjang antrian pada persimpangan Duren Tiga Selatan.

Full Text:

PDF

References


Anjarwati, Sulfah. (2014). Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Dukuhwaluh Purwokerto. Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Bastarianto, Faza Fawzan. (2015). Aplikasi Program OSCADY 4 Dan ARCADY 5 Untuk Perencanaan Simpang Sebidang (Studi Kasus : Simpang empat Bersinyal kentungan, Sleman, Yogyakarta). Jurusan Teknik Sipil Dan Lingkungan Fakultas Universitas Gadjah Mada.

Djumati, Julia Astuti. (2011). Evaluasi Simpang Bersinyal Menggunakan Program aaSIDRA (Studi Kasus : simpang bersinyal pada persimpangan Jalan 14 Februari Teling – Jalan Dipenogoro – Jalan Lumimuut – Jalan Toar, Kota Manado). Jurusan Teknik Sipil Fakultas Universitas Sam Ratulangi.

Hudari. (2015). Studi Evaluasi Simpang Empat Bersinyal Pada Simpang Jalan Sultan Adam – Sungai Andai kota Banjarmasin Kalimantan Selatan. Jurusan Teknik Sipil.

Kementrian Pekerjaan Umum. 2014. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014. Jakarta: Direktorat Kementrian Pekerjaan Umum.

Lumintang, G.YB. (2013). Kinerja Lalu Lintas Persimpangan Lengan Empat Bersignal (Studi Kasus : persimpangan Jalan Walanda Maramis Manado). Jurusan Teknik Sipil Fakultas Universitas Sam Ratulangi.

Nugroho, Julianto Eko. (2007). Kinerja Simpang Bersinyal Simpang Bangkok dan Simpang Milo Semarang Berdasarkan Konsumsi Bahan Bakar Minyak. Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Dipenogoro Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ