ANALISIS TATA LETAK FASILITAS RUANG FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SERANG RAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ACTIVITY RELATIONSHIPCHART (ARC)

Heru Winarno

Abstract


Perencanaan Tata Letak Fasilitas merupakan Teknik dan langkah-langkah dalam upaya untuk merubah/memperbaiki layout suatu industri agar mampu diperoleh perubahan layout dalam upaya untuk penanganan fasilitas dan material handling agar kegiatan prosesnya lebih optimal. Fakultas Teknik Universitas Serang Raya memiliki desain layout dengan 12 ruang dengan luas 1064 m2dengan jumlah mahasiswa 1850 mahasiswa, didesain dengan memakai metode Activity Relationship Chart  (ARC) mampu dan dapat lebih baik dalam kegiatan pelayanan akademik terhadap dosen dan mahasiswa . Interaksi pelayanan mahasiswa terhadap akademik dilakukan melalui pelayanan 1 sedang interaksi dengan Dosen dan pimpinan serta structural melalui pelayanan 2 . Hal ini dapat terlihat pada  metode ARC dengan dibuatkan dalam peta hubungan aktivitas, kemudian dibuatkan lembaran kerja/Worksheet Activity Relationship Diagram (ARD) dan yang terakhir dibuatkan Activity Template Block Diagram(ATBD). Dalam metode tersebut disebar responden sebanyak 15 responden untuk memberikan solusi tentang perubahan/perbaikan layout dalam rangka pelayanan akademik dan mahasiswa selama melaksanakan kegiatan akademik . Hasil Responden menunjukkan 75% responden menghendaki adanya perubahan layout pelayanan akademik. Ruang kaur akademik didekatkan dengan ruang staf pelayanan,ruang Prodi dan sek prodi didekatkan juga,serta Ruang Dekan dan Wakil Dekan,demikian pula untuk memudahkan interaksi dosen dan mahasiswa ruang GPM dan PST didekatkan dengan kaur Akademik. Dari hasil analisis tersebut maka dibuatlah 2 pintu pelayanan yaitu  untuk mahasiswa dan dosen sehingga tidak membuat system terhenti dan proses pelayanan  akademik menjadi lancar.

Full Text:

PDF

References


Apple, J.M. 1990. Tata Letak pabrik dan Pemindahan Barang. Edisi Tiga. Bandung: penerbit Institut Teknologi Bandung.

Assauri, S. 2008. Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi Keempat, Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

BPS,http://jabar.bps.go.id/templates/BRS/2011/AGUST/BRS%20IBS%20Triw-II,%201%20Agt%202011.pdf [1 Oktober 2011].

Eko, S. R, 2010. Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas produksi di CV. Dimas Rotan Gatak sukoharjo. Skripsi: Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta, Surakarta.

Heizer, J. dan B. Render. 2006. Manajemn Operasi, Edisi Ketujuh. Salemba Empat, Jakarta.

Nugroho, O, R. 2012. Analisis Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Produksi Pabrik Lama pada CV Massitoh Catering Services. Skripsi : Program Sarjana Alih Jenis Manajemen Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Manajemen Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Susetyo, J. Simanjuntak, R.S. and Ramos, J.M. 2010. Perancangan Ulang Tata letak Fasilitas Produksi Dengan Pendekatan Group Technology dan Algoritma Blocplan Untuk Meminimasi Ongkos Material Handling, Jurnal Teknologi, 3 : pp.75-83.

Tampubolon, Manahan. P. 2004.Manajemen Operasional (Operations Manajemen). Ghalia Indonesia. Jakarta.

Tauvik, U. 2005. Mempelajari Tata Letak dan Sarana Dalam Mengoptimalkan Kegiatan Penanganan Bahan (Studi kasus: Factory-3, PT. Yamaha Indonesia). Skripsi : Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor.

Wignjosoebroto, Sritomo. 2003. Tata letak Pabrik dan Pemindahan barang. Edisi Ketiga. Guna Widya. Institut Teknologi Sepuluh November. Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ