Pengerukan Pemeliharaan Alur Pelayaran Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu dengan Sistim Sand By Passing

Ade Permana Nasution, Aripurnomo Kartohardjono

Abstract


Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu yang merupakan Pelabuhan Cabang PELINDO II, adalah pelabuhan pengumpul di Indonesia, yang memerlukan fasilitas pelabuhan yang memadai. Alur pelayaran merupakan komponen pelabuhan penting sebagai jalur masuk dan keluar kapal. Alur pelayaran didesain untuk dapat dilalui oleh kapal yang ditargetkan. Permasalahan yang selalu muncul di alur pelayaran Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu adalah tingginya tingkat sedimentasi yang terjadi, yang diperkirakan sebanyak 450.000 m3/tahun s/d 600.000 m3/tahun volume sedimentasi yang masuk ke alur. Cara yang biasa digunakan untuk mengatasi pengendapan adalah dengan cara pengerukan yang menggunakan kapal keruk type hopper dredger (TSHD), dengan area dumping di darat atau di tengah laut dengan jarak + 7 Nmile dari alur pelayaran atau di kedalaman -32.00 mLWS. Menggunakan metode tersebut, pihak penyelenggara pelabuhan selalu menganggarkan biaya pemeliharaan alur pelayaran yang besar dan berpengaruh terhadap pencapaian laba cabang pelabuhan tersebut sehingga diperlukan alternatif metode untuk menangani masalah sedimentasi ini.Berdasarkan studi yang dilakukan dengan metode sand bypassing (SBP), metode ini dapat menghemat biaya pengerukan pemeliharaan alur pelayaran, dengan nilai investasi awal mencapai Rp.13.165.025.000,-. Output sedimentasi yang dihasilkan oleh ke 2 (dua) metode ini sama yaitu sebesar 475.815,30 m3/tahunnya. bahkan dengan metode SBP dapat menciptakan daratan di lokasi terabrasi, daratan tersebut akan banyak bermanfaat bagi pengelola pelabuhan untuk perluasan areal pelabuhan dan ada penghematan biaya 1/3 s/d 1/20 kali dari biaya dengan metode hopper dredger, sehingga menjadikan metode sand by passing ini lebih efesien dan efektif.

Full Text:

PDF

References


Bray,R.N.1996. Dredging. A Handbook For Engineers, 2ed.Oxford : Butterworth-

Heinemann. Reezali Raharjaya. 15512006.2016;

British Standar 6349-5.1991. Maritime Structure. Code Of Practice for Dredging and Land Reclamationn;

Citra Satelit (Google Earth). 2017. Peta Pelabuhan Bengkulu; Dokumen Rencana Induk Pelabuhan KM No. 14 tahun 2008; Kementerian Perhubungan;

Department Of The Army, U.s Army Corps Of Engineers, 1991. Sand bypassing System Selection; Engineer Manual No. 1110-2-1616;

Hamdani. 2013. Kajian Teknologi sand bypassing Penanggulangan Sedimentasi dan Erosi Pantai Bengkulu Pelabuhan Pulau Baai ; Jurnal MKTS;

Ilham, Eko Charnius dan Hendriyawan. 2013 ; Slide Kuliah Reklamasi dan Pengerukan : Institut Teknologi Bandung;

Kartohardjono, Aripurnomo. 2010. Pencegahan Pendangkalan Alur Pelayaran Antara Dua Breakwater, dengan System Sand bypassing : Jurnal Konstruksi Volume 1 Nomer 2;

Kramadibrata, Soedjono. 2002. Perencanaan Pelabuhan. Beta offset. Kmkospil.blogspot.com: Penerbit ITB;

Laporan SID. 2016. Pekerjaan SID Alur Pelayaran Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu. Jakarta : PT. Agusta Primakarsa;

Laporan Final. 2016. Addendum ANDAL RKL/RPL Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu. Bengkulu : PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang

Bengkulu;

Pedoman Teknis kegiatan pengerukan dan reklamasi Kementerian Perhubungan tahun 2006: Kementerian Perhubungan;

Pelabuhan Indonesia II PT, 2017 : Slide Pemaparan Rencana Pengerukan di Pelabuhan Pulau Baai.

PIANC, 2014. Classification of Soils and Rock for The Maritime Dredging Process : The Permanent International Association of Naviagation Congresses;

Surat Perjanjian. 2017. Pekerjaan Pengerukan Pemeliharaan Alur Pelayaran Pelabuhan P. Baai, Bengkulu : PT Pelabuhan Indonesia II;

Triatmodjo, Bambang. 2010. Perencanaan Pelabuhan. Beta offset : Kmkospil.blogspot.com;

Triwijaya Bersaudara PT, 2018, manual sandpump.

Thoresen, Carl A.2014. Port Designe’s Handbook : Recommendations and Guidelines, 3ed.London: Thomas Telford Publishing;

http://ahaznam.blogspot.com/.Penjelasan Dimensi

Kapal (diakses 10 Februari 2017);

https://www.vanoord.com/.Activities. Equitment

(diakses Februari 2018);


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ