Pengendali Jarak Jauh Peralatan Listrik Menggunakan Pengenal Suara Dan Smartphone Berbasis Mikrokontroller

Saeful Bahri, Yogi Haryono

Abstract


Penerapan sistem kendali pada rumah pintar memungkinkan seseorang dapat mengendalikan perangkat listrik di rumah seperti Televisi, kipas angin (fan) serta lampu penerangan. Pengendalian ini dapat dilakukan menggunakan baik melalui perintah suara (voice) atau dari telepon pintar (smartphone) berbasis android, sehingga sesorang tidak perlu bergerak berpindah tempat atau mendekati perangkat hanya untuk menghidupkan atau mematikan peralatan-peralatan listrik tersebut. Pada makalah ini dibahas tentang suatu sistem aplikasi pengenal suara dan telepon pintar sebagai pengendali jarak jauh peralatan listrik berbasis mikrokontroller. Sistem terdiri atas modul EasyVR sebagai modul pengenalan suara, mikrokontroler arduino mega 2560 dan telepon pintar sebagai kendali jarak jauh menggunakan aplikasi berbasis android pada telepon pintar. Sebagai pengendali perangkat listrik pada jarak dekat dengan modul sistem, pengendalian dapat dilakukan baik melalui suara menggunakan modul suara easyVR maupun menggunakan aplikasi pada telepon pintar. Sedangkan untuk pengendalian yang dilakukan diluar rumah yang jarak nya jauh hanya dapat dilakukan menggunakan aplikasi pada telepon pintar. Pada proses pengujian yang telah dilakukan, diperoleh data-data yang menunjukan bahwa sistem dapat dijadikan sebagai saklar jarak jauh untuk menghidupkan atau mematikan peralatan listrik menggunakan telepon pintar selama sistem terhubung dengan internet dengan waktu respon kira-kira 13-15 detik. Sedangkan pada pengendalian menggunakan suara, jarak maksimum yang direkomendasikan pada penggunaan modul easyVR dan mikrofon nirkabel yaitu 20 meter dan pengucapan perintah dengan 3 kata memiliki tingkat keberhasilan lebih kecil dibandingan dengan 2 kata.

Full Text:

PDF

References


Ariyanti, Sinta, Slamet Seno Adi, dan Sugeng Purbawanto. 2018. “Sistem Buka Tutup Pintu Otomatis Berbasis Suara Manusia.” Elinvo 3 (May):83–91.

Bahri, Saeful, dan Ade Sudrajat. 2015. “Rancang Bangun Prototype Sistem Kontrol Jarak Jauh Berbasis Ponsel Android.” In Prosiding Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT) 3.

Hasan, Nurul Fadzilah, Mat Rejab Mohd Ruzaimi, dan Nurul Hidayah Sapar. 2015. “Implementation of Speech Recognition Home Control.” ARPN Journal of Engineering and Applied Sciences 10 (23): 17492–98.

Ritonga, Muhammad Rizki, Nurul Fadillah, dan Liza Fitria. 2019. “Sistem Kendali Peralatan Elektronik Rumah Tangga Melalui Media Wireless Fidelity Menggunakan Voice Recognition Secara Real Time.” InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan 3 (2): 1–7.

Rumopa, Vernando Waldi, dan Jusuf Luther Mappadang. 2015. “Kontrol Penerangan Ruangan Menggunakan Sensor Suara (Speech Recognition ) Berbasis Android.” Tugas Akhir. Politeknik Negeri Manado.

Saputri, Zaratul Nisa, Mochammad Rif’an, dan Nurussa’adah. 2014. “Aplikasi Pengenalan Suara Sebagai Pengendali Peralatan Listrik Berbasis Arduino Uno.” Skripsi. Universitas Brawijaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ