Pemanfaatan Limbah Kulit Durian Sebagai Anti Bakteri Pada Sabun Transparan

Nanah Muawanah, Hilyati Jaudah, Titan Destania Ramadhanti

Abstract


Sabun transparan merupakan salah satu jenis sabun padat. Penambahan ekstrak kulit durian diharapkan dapat menjadikan sabun transparan ini sabun anti bakteri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekstrak kulit durian dan sabun transparan dari ekstrak kulit durian dalam menghambat pertumbuhan bakteri Eschercia Coli dan Stapilococus Aureus. Perlakuan pada penelitian ini memiliki variasi konsentrasi ekstrak kulit durian 1%, 2%, 3%, 4%, 5% dan 10%. Parameter yang diamati diantaranya adalah uji fitokimia dan uji aktivitas anti bakteri. Berdasarkan hasil uji fitokimia, dibagian dalam buah durian mengandung senyawa alkaloid, saponin dan triterpenoid sebagai bahan anti bakteri yang berpotensi menghambat pertumbuhan bakteri. Hasil pengujian anti bakteri pada ekstrak kulit durian menunjukkan adanya zona hambat pada konsentrasi 5% dan 10%, sedangkan pada sabun transparan dengan ekstrak kulit durian memiliki zona hambat pada setiap variasi konsentrasi. Sabun transparan dari ekstrak kulit durian dengan hasil terbaik adalah pada konsentrasi 5% dan 10% dengan diameter zona hambat sebesar 4 mm pada bakteri Stapilococus Aureus. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ekstrak kulit durian diketahui memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan anti bakteri pada sabun transparan.

Full Text:

PDF

References


Arlofa, Nina, 2015, Uji Kandungan Senyawa Fitokimia Kulit Durian sebagai Bahan Aktif Pembuatan Sabun, Jurnal Chemtech, Vol.1, No.1, Tahun 2015, Hal.: 18.

Ashari,S., 1995. Hortikultura Aspek Budidaya. UI-Press, Jakarta.

Badan Standarisasi Nasional (BSN). 1994. SNI 01-3451-1994 : Syarat Mutu Tapioka, Jakarta.

Corredoira, R.A. dan A.R. Pandolfi. 1996. Raw Material an Their Pretreatment for Soap Production. Di dalam Soaps and Detergents, a Theoretical an Practical Review. Spitz, L. (Ed). AOCS Press, Ilinois.

Departemen Kesehatan RI. 2000. Parameter Standar Umum Ekstrak Tumbuhan Obat. Jakarta: Diktorat Jendral POM-Depkes RI.

Djaeni, M dan A.Prasetyaningrum. 2010. Kelayakan Biji Durian sebagai Bahan Pangan Alternatif : Aspek Nutrisidan Tekno Ekonomi. Jurnal Riptek, 4: 37-45.

Hart, H., Kimia Organik. 2004 Suatu Kuliah Singkat, Edisi Ke Sebelas, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Hatta, V.H. 2007. Manfaat Kulit Durian Selezat Buahnya. Penelitian Jurusan Teknik Hasil Hutan Fakultas Kehutanan Unlam.

Nugraha, D. E. 2011. Kandungan Kimia Durian.

Ophardt, C. 2003, PKU and Other Errors in Phenylalanine Metabolism. Virtual

Chembook. Elmhurst College. Diakses 11 Nopember 2010

Perdana, F. K., dan Hakim, I., 2012. Pembuatan Sabun Cair Dari Minyak Jarak dan Soda Q Sebagai Upaya Meningkatkan Pangsa Pasar Soda Q. Semarang.

Purnomosidhi. P., Suparman, Roshetko, J.M. 2002. Perbanyakan dan Budidaya Tanaman Buah-buahan. ICRAF Southeast Asia Regional Research Programme. Bogor

Qisti, R., 2009, Sifat Kimia Sabun Transparan Dengan Penambahan Madu Pada Konsentrasi Yang Berbeda, skripsi, Fakultas Peternakan, Intitut Pertania Bogor, Bogor

Rahardiana,P., Andayani L.S. 2014. Pabrik Sabun Transparan Beraroma Terapi dari Minyak Jarak dengan Proses Saponifikasi Trigliserida Secara Kontiyu. Program Studi D3 Teknik Kimia FTI-ITS.

Untung, O. 2008. Durian untuk Kebun Komersial dan Hobi. Penebar Swadaya, Jakarta.

Voight, R. 1994. Buku Pelajaran Teknologi Farmasi edisi V. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada Pres.

Widarto, H. 2009. Uji aktifitas minyak atsiri kulit durian sebagai obat nyamuk elektrik. Skripsi. UMS, Yogyakarta.

Wijayanti, M. 2011. Uji Vitamin C dan organoleptic terhadap jelli dari buah apel hijau dengan penambahan gula pasir dan pektin dari albedo kulit durian. Sripsi. UMS, Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ