PERANCANGAN APLIKASI REKOMENDASI MOTIF KARAWO BERDASARKAN KARAKTER PENGGUNA BERBASIS BUDAYA GORONTALO

Moh Hidayat Koniyo, Sance A Lamusu, Lillyan Hadjaratie, Abd Aziz Bouty

Abstract


Kerajinan kerawang atau karawo merupakan salah satu seni budaya Gorontalo dihasilkan melalui proses penyulaman yang tingkat kepopulerannya masih jauh dibandingkan batik jawa. Hal ini disebabkan oleh motif serta pengunaan karawo yang terbatas pada acara-acara tertentu saja. Sebagaimana penggunaan batik jawa yang telah memiliki kecenderungan untuk memilih motif batik yang sesuai dengan karakter pengguna, maka penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi yang dapat merekomendasikan motif karawo dengan nilai filosofis budayaserta jenis acara adat yang sesuai dengan karakter pengguna. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem incremental, dengan tahapan penelitian sebagai berikut : 1) identifikasi kebutuhan sistem; 2) perencanaan; 3) pemodelan sistem; 4) pembuatan sistem; 5) pengujian sistem; 6) pengimplementasian sistem. Penelitian ini menghasilkan sebuah rancangan aplikasi yang dapat merekomendasikan motif karawo yang sesuai dengan karakter pengguna dan mengandung nilai filosofis budaya Gorontalo serta informasi jenis acara adat yang sesuai dengan motif yang direkomendasikan. Kesesuaian motif karawo dengan karakter eneagram yang dipilih oleh pengguna diperoleh melalui perhitungan probabilitas dari persamaan Teorema Bayes.


Full Text:

PDF

References


Alrezacell. 2011. Kain Kerawang. http://www.alrezacell.web.id/2011/02/kain-kerawang.html

Badriyah, U. 2010. Corak Tenun Menggunakan Tree Structured Vector Quantization. Tesis. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.http://digilib.its.ac.id/corak-tenun-menggunakan-tree-structured-vector-quantization-10478.html

Kompas. 2011. Kain Sulam Karawo Dikhawatirkan Punah.http://regional.kompas.com/read/2011/12/17/17180698/Kain.Sulam.Karawo.Dikhawatirkan.Punah.html

Mulaab. 2010. Ekstraksi Fitur Motif Batik Berbasis Metode Statistik Tingkat Tinggi. Seminar Nasional Informatika. Yogyakarta.

Mulyanto, A., Rohandi, M., dan Tuloli, M.S. 2013. Klasifikasi Karakter Pengguna Karawo untuk Rekomendasi Motif Berbasis Budaya Gorontalo Menggunakan Algoritma Naïve Bayes. Prosiding SNATIKA 2013, Vol 02

Rahman, A., Setyanto, N.W., Sulistyarini, D.H., Arifianto, E.Y., Dewi, W.R., dan Supangat, S.A. 2012. Rekayasa Software Computer Aided Processing Planning Berbasis Metode CBR Untuk Membantu Proses Pembuatan Batik. Jurnal Rekayasa Mesin, Vol 3, No 3 : 421-430.

Sandhy, C. 2007. Rancangan Pengembangan Model Pola Kain Tradisional Salele Mayarakat Tan Imbar Maluku Tenggara dengan Bantuan Program Maple. Tesis. Bina Nusantara.

Tan, P. N., Steinbach, M., & Kumar, V. 2006 Introduction to Data Mining, Pearson Education, Boston.

Wardiah. 2009. Pengembangan Desain Motif dan Sistem Produksi Kerajinan Kain Aceh di Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Jurnal Mentari, Vol 12, No 2.

(http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/mentari/article/view/50)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ