Pembuatan Mesin Pengcopy Camchaft Racing Sepeda Motor 4 TAK dengan Kapasitas 1 Pcs/30Menit

Ahmad Yunus Nasution, Riki Effendi Muhammad, Robiansyah Nur Kholik

Abstract


Tujuan dari pengembangan desain ini adalah membuat alat modifikasi Camshaft dengan cara menduplikat dari part yang ada dipasaran. Untuk pembuatan alat duplikat Camshaft Racing . Adapun metode yang dilakukan yaitu mulai dari survai lapangan, ide, studi pustaka, menghitung komponen, perakitan, pengujian, jika hasinya belum target dilakukan perbaikan dan modifikasi serta pembuatan laporan. Dengan demikian supaya alat yang dirancang bisa menghasilkan Camshaft racing yang berkualitas. Proses desian alat tersebut menggunakan software SOLIDWORKS simulasion untuk mendapatkan hasil distribusi gaya pada rangka sebesar Fk = 10,37 kgf pada setiap tumpuan atau kerang alat tersebut. Jumlah tumpuan atau kaki alat tersebut sebanyak 4 buah. Jadi Ftotal sebesar 41,46kgf pada rangka utama. Sekarang ini sudah banyak mekanik melakukan modifikasi camshaft dengan mendatangi bengkel bubut, akan tetapi prinsip kerjanya masih membutuhkan waktu yang sangat lama. Dengan cara ini diharapkan bisa mempercepat waktu modifikasi dan mendapatkan hasil dengan kualitas yang baik, hasil yang presisi dan biaya yang efisien. Hasil tugas akhir ini adalah berupa redesain atau pengembangan alat modifikasi camshaft konvensional, ide pembuatan Tugas Akhir ini berasal dari melihat Mesin duplikat kunci yang ada sekarang ini. Maka dari ini kami mengubah mesin tersebut untuk mengcopy komponen sepeda motor yaitu camshaft dengan tujuan bisa membuat camshaft racing yang berkualitas baik. Komponen untuk pembuatan mesin diantaranya rangka hollow profile dengan ukuran 50 X 50 mm, pipa Galvanis 35 mm untuk penahan tengah, dengan bahan plat baja SS 400 dengan tebal 5 mm. mesin pengcopy camshaft racing ini mempunyai dimesi alat tersebut tidak terlalu besar, alat ini mempunyai panjang 76 cm, Lebar 48 cm dan tinggi 40 cm

Full Text:

PDF

References


Yuspian G, Jenny D, La Sawaludin , Samsul M , La Ode. (2017). “Perancangan Mesin Poles Serba Guna (Modifikasi Camshaft/Noken As)”

Sularso, Kiyokatsu Suga. “Dasar Perecanaan Dan Pemilihan Elemen Mesin”. Pradanya Paramita. Jakarta.Aprilia. 2009.

Marsudi. 2008. “Teknisi Otodidak Sepeda Motor”. Yogyakarta : ANDI Offset

Des Hammill, Bell, Graham A., 1998, “Fourstroke Performance Tuning”, Haynes Publishing, Great Britain

Supriyanto, Zaini A 2011, “Tinjauan Ketahanan Aus Hasil Modifikasi Noken As Pada Motor Balap”, Universitas Janabadra. Yogyakarta: 2011.

Heywood, Jhon. B., 1988, “Internal Combustion Engine Fundamental”,

Singapore, McGraw-Hill


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ