Perancangan Pusat Otomotif Mobil dengan Konsep Eco-Friendly di Kota Bogor

Leonardo Krisyadi Mandik, Karya Subagya

Abstract


Pada perkembangan jaman yang pesat seperti saat ini, salah satunya pada sektor industri pengolahan (manufaktur) yang juga menyangkut mengenai industri otomotif di dalamnya, Indonesia merupakan salah satu pasar dengan penjualan mobil terbesar di Asia Tenggara dan wilayah ASEAN. Kota Bogor merupakan salah satu daerah pendukung Ibukota yang memiliki potensi bisnis yang besar dan pertumbuhan ekonomi yang stabil dan memiliki rencana yang tertuang dalam RPJPD 2011-2031 mengenai pengembangan kawasan strategis ekonomi, yaitu salah satunya pembangunan pusat otomotif. Pusat otomotif mobil merupakan tempat pemusatan perusahaan-perusahaan yang berkaitan dengan otomotif mobil yang akan berdiri secara sistematik dan untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat sekitar mengenai otomotif. Bangunan yang direncanakan memang khusus dan untuk memanjakan para pengguna mobil sekaligus dapat menjadi icon di Kota Bogor sebagai pusat otomotif mobil terbesar dan terlengkap. Penelitian menggunakan Metode Penelitian Kualitatif dengan Pendekatan Deskriptif. Penerapan metode penelitian Kualitatif yaitu dengan melakukan penyelidikan terhadap fasilitas yang terkait dengan kegiatan pusat otomotif mobil seperti dealer mobil bekas, accessories mobil, modifikasi mobil dan perawatan mobil. Sedangkan penerapan pendekatan Deskriptif berupa uraian tentang konsep arsitektur Pusat Otomotif Mobil di Kota Bogor agar dapat menjadi kawasan yang ramah lingkungan sesuai teori-teori arsitektur ramah lingkungan yang berpedoman pada LEED (The Leadership in Energy and Environmental Design). Dengan adanya pusat otomotif mobil di Kota Bogor, maka masyarakat Kota Bogor dan sekitarnya memiliki wadah untuk melakukan kegiatan mengenai otomotif mobil.

Full Text:

PDF

References


Consulting, I. B. (2016) ‘INDONESIA’S GROWING AUTOMOTIVE AFTERMARKET LANDSCAPE’. Available at: https://www.ipsos.com/sites/default/files/2016-09/Indonesia-growing-automotive-aftermarket-landscape.pdf.

Dinas Pendapatan Daerah Jawa Barat (2016) Jumlah Kendaraan Bermotor Umum dan Bukan Umum Untuk BPKB Menurut Cabang Pelayanan di Jawa Barat, 2016. Available at: https://jabar.bps.go.id/statictable/2018/03/19/416/jumlah-kendaraan-bermotor-umum-dan-bukan-umum-untuk-bpkb-menurut-cabang-pelayanan-di-jawa-barat-2016.html (Accessed: 16 February 2019).

INDONESIA-INVESTMENTS (2017) Industri Manufaktur Otomotif Indonesia. Available at: https://www.indonesia-investments.com/id/bisnis/industri-sektor/otomotif/item6047? (Accessed: 13 March 2019).

Irfan, M. (2015) ‘Arsitektur Ramah Lingkungan’. Available at: http://coretcoretunik.blogspot.com/2015/04/green-building-konsep-green-building.html.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ