Penerapan Konsep Arsitektur Tradisional Sunda Pada Desain Tapak Lanskap Dan Bangunan Fasilitas Resort

Anisa Anisa, Anggana Fitri Satwikasari, M Sahril Adhi Saputra

Abstract


Indonesia memiliki keragaman budaya dan kekayaan alam maupun keindahan alam yang sangat banyak, salah satunya pada daerah Jawa bagian Barat. Keindahan alam dan budaya Sunda dapat kita temukan di daerah Jawa Barat. Arsitektur tradisional merupakan arsitektur yang merupakan hasil karya nenek moyang terdahulu yang telah disepakati dan turun-temurun. Arsitektur tradisional pada dasarnya mengutamakan unsur lokal sebagai aspek-aspeknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan arsitektur tradisional Sunda pada penataan lanskap dan desain resort. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif dengan mengambil data dan menganalisis secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan arsitektur tradisional sunda dapat dilihat pada 3 hal. Pertama, konsep wujud pembagian tiga dalam arsitektur tradisional Sunda terlihat dalam penataan lanskap dan desain resort. Dalam penataan lanskap wujud pembagian tiga tercermin dalam pembagian antara area resort, area hijau (sumber air) dan pelayanan. Pada desain resort, wujud pembagian tiga tercermin secara vertikal dan horizontal. Secara horizontal tercermin pada penataan ruang yang ada dalam bangunan penginapan. Area publik diletakkan pada bagian luar, sehingga terasnya berukuran besar. Area dalam dibagi menjadi dua, yaitu kamar dan ruang keluarga, serta area pelayanan (dapur, kamar mandi). Secara vertikal terlihat pada pembagian antara kepala, badan, kaki pada bangunannya. Kedua, arsitektur tradisional sunda sangat menghargai alam dan berusaha untuk memanfaatkan alam. Dalam hal ini, resort berada di area yang masih alami dan berkontur sehingga keindahan alam dan pemanfaatan kontur menjadi salah satu bentuk penerapan arsitektur tradisional Sunda dalam desain resort.

Full Text:

PDF

References


Adhi, N., & Ahdiat, D. (2014). KAJIAN HUBUNGAN MAKNA KOSMOLOGI RUMAH TINGGAL ANTARA ARSITEKTUR TRADISIONAL MASYARAKAT SUNDA DENGAN ARSITEKTUR TRADISIONAL MASYARAKAT BALI (Penggalian kearifan lokal menuju pembangunan berbasis konsep bangunan hijau). Retrieved Februari 21, 2019, from Researchgate: https://www.researchgate.net/publication/317633726_KAJIAN_HUBUNGAN_MAKNA_KOSMOLOGI_RUMAH_TINGGAL_ANTARA_ARSITEKTUR_TRADISIONAL_MASYARAKAT_SUNDA_DENGAN_ARSITEKTUR_TRADISIONAL_MASYARAKAT_BALI_Penggalian_kearifan_lokal_menuju_pembangunan_berbasis_konsep_

Anonim. (2018, Desember 26). Info Budaya. Retrieved Februari 24, 2019, from infobudaya.net: http://www.infobudaya.net/2018/12/teknologi-di-balik-arsitektur-rumah-sunda/

Ginanjar, M. (2018). Resort di Tampahan Toba Samosir. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Herwindo, R. P. (2016). Dialog Pengembangan Potensi Bentuk dan Ruang pada Arsitektur Tradisional Indonesia dengan konteks Masa Kini dan Mendatang. Seminar Nasional Jelajah Arsitektur Nusantara (pp. 1-12). Makassar: Puskim PU.

Ilham, A. N., & Sotyan, A. (2012). TlPOLOGI BANGUNAN RUMAH TINGGAL ADAT SUNDA DI KAMPUNG NAGA JAWA BARAT. Jurnal Tesa Arsitektur Vol 10 no 1, 1-8.

Kustianingrum, D., Sonjaya, O., & Ginanjar, Y. (2013). Kajian Pola Penataan Massa Dan Tipologi Bentuk Bangunan Kampung Adat Dukuh Di Garut , Jawa Barat. Jurnal Reka Karsa Vol 1 No 3, 1-13.

Muanas, D. (1998). Arsitektur Tradisional Jawa Barat. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Prasetyo, Y. H., & Astuti, S. (2017). Ekspresi Bentuk Klimatik Tropis Arsitektur Tradisional Nusantara dalam Regionalisme. Jurnal Permukiman vol 12 no 2, 80-93.

Rahmansah, R., & Rauf, B. (2014). ARSITEKTUR TRADISIONAL BUGIS MAKASSAR (Survei pada Atap Bangunan Kantor di Kota Makassar). Jurnal Forum Bangunan Vol 12 No 2, 56-63.

Rosadi, O. S. (2012). TEKNIK PERMAINAN INSTRUMEN DAN FUNGSI MUSIK TRADISIONAL PHEK BUNG di DESA WIJIREJO, KABUPATEN BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Suharjanto, G. (2014). Konsep Arsitektur Tradisional Sunda Masa Lalu dan Masa Kini. Jurnal COMTECH Vol 5 No 1, 505-521.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ