PENGEMBANGAN APLIKASI PENGENALAN PLAT NOMOR KENDARAAN RODA DUA PADA AREA PARKIR

Dyah Ayu Irawati

Abstract


Sistem parkir sekarang ini masih banyak yang menggunakan cara manual yaitu petugas mencatat setiap nomor polisi kendaraan yang akan parkir. Selain itu, saat ini jumlah kendaraan meningkat khususnya roda dua yang ada di perkantoran dan lembaga pendidikan kurang didukung dengan adanya sistem yang memadai untuk mengelola parkir. Sistem yang banyak dikembangkan sekarang ini adalah penggunaan stiker yang dipasang pada sebuah kendaraan dan mengakibatkan pemalsuan stiker. Salah satu pemanfaatan teknologi yang dapat memecahkan permasalahan tersebut adalah dengan membuat sistem manajemen parkir menggunakan pengolahan citra digital dengan melakukan pengenalan pola yang memanfaatkan metode image processing pada image plat nomor kendaraan yang diambil ketika kendaraan masuk ke lahan parkir. Terdapat beberapa tahapan dalam sistem pengenalan pola ini yaitu pengambilan image menggunakan kamera, grayscale, deteksi tepi, dilasi, filling, erosi dan cropping. Proses akhir adalah pengenalan setiap karakter dengan metode template matching. Sedangkan analisa kemampuan sistem dilakukan terhadap plat nomor kendaraan yang sesuai dengan standar Kepolisian Republik Indonesia dan tidak mengalami modifikasi atau kerusakan, dengan variabel percobaan yaitu pencahayaan, lingkungan parkir, jenis plat nomor kendaraan, kamera, dan jenis huruf yang digunakan. Dari hasil uji coba diperoleh hasil terbaik pengambilan gambar dilakukan pada lingkungan parkir dengan pencahayaan yang redup seperti berada di area bawah tanah dan lingkungan parkir yang tertutup, di mana tingkat keberhasilan mencapai 95%. Gambar dapat diproses dengan baik oleh sistem jika ketajaman kamera minimal 5 megapixel atau ukuran gambar di atas 100kb.


Full Text:

PDF

References


Hariyanto, Bambang. 2011.Esensi – Esensi Bahasa Pemrograman Java Revisi Keempat.Bandung : Informatika.

Kadir, Abdul, dkk. 2013. Teori Dan Aplikasi Pengolahan Citra. Yogyakarta : Andi

Prasetyo, Eko. 2011. Pengolahan Citra Digital Dan Aplikasinya Menggunakan Matlab.Yogyakarta : Andi.

Sianipar, R. H. 2013. Pemrograman Matlab Dalam Contoh Dan Penerapan. Bandung :Informatika.

Wahana, Komputer. 2010. Panduan Belajar Mysql Database Server. Media kita

Sri Wahyono, Eko, dkk. 2009. “Identifikasi Nomor Polisi Menggunakan Metode Jaringan Saraf Buatan Learning Vector Quantization”. Jurnal Ilmiah Jurusan Teknik Informatika Universitas Gunadarma.

Ahmad Pauzi, Gurum, dkk. 2013. “Analisis Pemanfaatan Teknik Template Matching pada Sistem Akuisisi dan Pengenalan Karakter Citra Plat Nomor Kendaraan”. Jurnal Ilmiah Jurusan Fisika FMIPA Universitas Lampung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ