Perancangan Aplikasi Pembayaran Non Tunai untuk Pengelolaan Bisnis Pencucian Mobil dengan Memanfaatkan Teknologi QR Code (Studi Kasus : Oto Pro Car Wash & Detailling Padang)

Ricky Akbar, Meza Silvana, Aulia Fikiri Alizar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perancangan aplikasi pembayaran non tunai (cashless) pada salah satu tempat pencucian mobil di Kota Padang. Melihat perkembangan teknologi digital saat ini khususnya transaksi keuangan, begitu banyak pelaku bisnis memanfaatkan berbagai layanan aplikasi non tunai terutama dalam hal pembayaran. Pada penelitian ini diambil kasus salah satu tempat pencucian mobil di kota Padang yaitu OtoPro Car Wash & Detailling. Perusahaan ini merupakan salah satu usaha yang bergerak pada proses pencucian dan salon mobil di kawasan Kota Padang. Proses pendaftaran dan pembayaran pencucian mobil merupakan salah satu kegiatan proses bisnis yang dilakukan oleh OtoPro Car Wash & Detailling. Proses ini dilakukan oleh pelanggan dan dikelola oleh kasir. Namun dalam penerapannya masih dilakukan secara manual terutama pada bagian pendaftaran dan pencatatan, yaitu masih menggunakan kertas dan berbagai blangko yang diisi ketika bertransaksi. Pada proses pembayaran masih dilakukan secara tunai dan belum memiliki program membership sehingga membuat karyawan cukup kerepotan dalam melakukan perhitungan jumlah transaksi dan pengembalian uang setelah melakukan pembayaran. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan menggunakan metode pengembangan sistem yaitu waterfall. Tahapan metode waterfall ini meliputi analysis, design, coding, dan testing. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi pembayaran non tunai dengan memanfaatkan teknologi QR Code yang diharapkan dapat mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi pada pengelolaan pencucian mobil OtoPro Car Wash & Detailling Padang.

Full Text:

PDF

References


Amran, W. (2018, February 20). Sejarah Oto Pro Car Wash & Detailling. (A. F. Alizar, Interviewer)

Bespriadi, A., Akbar, R., & Hasan, A. (2015). Pembangunan Aplikasi E-Ticketing Menggunakan Teknologi Qr Code Berbasis Web Dan Akses Mobile Pada Brt Trans Padang. Prosiding SNTI 2015, (p. 54). Jakarta.

Rahmawati, A., & Rahman, A, 2011. Sistem Pengamanan Keaslian Ijasah Menggunakan QR Code dan Algoritma. Jurnal Sistem Informasi Indonesia, pp. 105-112.

Akbar, R. & Kamil, H., 2017. Development of Sales Application Of Prepaid Electricity Voucher Based On Android Platform Using Quick Response Code (Qr Code). Jurnal informatika, Volume 11.

Qashlim, A. & Hasrudin, 2015. Implementasi Teknologi QR-Code Untuk Kartu Identitas. Volume 1.

Jogiyanto, 2003. Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: ANDI.

Kadir, A., 2003. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI.

Laudon, Kenneth C., dan Jane P. Laudon, 2012. Management System:Managing the Digital Firm Twelfth Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Hariyanto, B., 2004. Sistem Manajemen Basis Data: Pemodelan, Perancangan, dan Terapannya. Bandung: Informatika.

AnalisaUsaha, 2015. analisausaha.com. [Online] Available at: http://www.analisausaha.com/analisa-usaha-salon-mobil/#comments [Accessed 05 Desember 2017].

Afrianto, I., Heryandi, A., & Finandhita, A., 2012. Pemanfaatan QR Code Sebagai Akses Cepat Verifikasi Ijazah UNIKOM. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi, pp. 9 - 16.

Nugraha, M. P., & Munir, R, 2011. Pengembangan Aplikasi QR Code Generator dan QR Code Reader dari Dari Data Berbentuk Image. Konferensi Nasional Informatika - KNIF, pp. 148 - 155.

D. W., 2010. QR Code Introduction – Symbol Version. [Online] Available at: http://www.denso-wave.com/QRCode/QRgene2-e.html [Accessed 9 April 2017].

Rahayu, Yeni Dwi, dkk, 2006. Pembuatan Aplikasi Pembacaan Quick Response Code Menggunakan Perangkat Mobile Berbasis J2ME Untuk Identifikasi Suatu Barang. Surabaya: Politeknik Elektronika Negeri Surabaya Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Aminudin, 2015. Cara Efektif Belajar Framework Laravel. In: Yogyakarta: Lokomedia.

F. Wahyutama, F. Samopa, H.Suryotrisongko, 2013. Penggunaan Teknologi Augmented Reality Berbasis Barcode sebagai Sarana Penyampaian Informasi Spesifikasi dan Harga Barang yang Interaktif Berbasis Android, pp. A-482.

Aryantika, M. E. D., 2015. ‘Pengembangan Kamus Kolok Visual Berbasis Android Sebagai Media Edukatif Mempelajari Bahasa Penyandang Tuna Rungu di Desa Bengkala’

Ibrahim, N., 2007. Pengembangan Aplikasi Semantic Web Untuk Membangun Web yang Lebih Cerdas. Jurnal Informatika, Volume 3, pp. 27-40.

Fahrudin, A., 2011. Pembangunan Sistem Informasi Layanan Haji Berbasis Web Pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji’. Speed, Volume 1, pp. 63-71.

Adrianto, D., 2015. ‘QR Code Reader pada Smartphone Android untuk Aplikasi Layanan Restoran’. Volume 6(2), pp. 266-280.

Reese, G., Yarger, R. J., King, T. and Williams, H. E. (2002) Managing and using MySQL., Book.

Cahyanti, A. P. B., 2012. ‘Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas Pakis Baru Nawangan’. Speed-Indonesian Journal on …, Issue 4(4), pp. 17-21.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ